alexametrics

Bongkar Tugas dan Kewajiban PNS, Kepala BKN: Banyak Menderitanya

5 Desember 2018, 18:30:31 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 56 calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang melamar di instansi Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjalani tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di kantor pusat BKN, Jalan Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur, Rabu (5/12). Mereka mengerjakan soal-soal dengan sistem computer assisted test (CAT).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Sebelum tes dimulai, dia terlebih dahulu memberikan arahan. Dalam kesempatan itu, dia mengupas satu per satu tugas serta kewajiban menjadi seorang PNS yang mengabdi untuk negara.

Hal itu dinilai penting, agar setiap CPNS bisa membekali dirinya masing-masing sebelum benar-benar menjadi pelayan masyarakat. Menurut Bima, mereka harus memiliki mental yang kuat dan berbagai persiapan lainnya.

“Jadi, ya mereka perlu tahu situasi kerja dan apa yang harus dilakukan sebagai seorang PNS di BKN. Mungkin bisa jadi di luar harapan mereka, ‘wah mentereng nih jadi PNS’. Nggak juga kok. Jadi, banyak menderitanya,” ujar Bima di sela-sela tes SKB BKN di lokasi.

Menurutnya, menjadi pelayan bagi masyarakat adalah hal yang tidak mudah. Para PNS dituntut memiliki kesabaran yang luas serta bertanggungjawab untuk menyelesaikan suatu masalah.

“Karena bagian pelayanan, semua PNS pelayanan, tapi ada yang lansung betul ada yang secara tidak langsung. Ini (BKN) yang langsung. Urusin pensiun terlambat, (pensiunan) datang, ‘gimana sih anak-anak saya sudah nggak makan nih’. Ada caci maki yang seperti itu. Harus sabar, padahal dia salah juga kan pensiun harusnya sebelum sudah harus keluar,” tutur dia.

Bima mengungkapkan, setiap masalah yang datang dituntut untuk bisa diselesaikan dengan baik. Meski berat, namun harus tetap ikhlas. “Jadi itu yang mereka perlu tahu sehingga sudah siap mental,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tahap SKB BKN sendiri terdiri atas wawancara dan tes CAT berupa soal bidang yang dipilih dan psikometri. Proses tersebut berlangsung pada 5-10 Desember. Selain di kantor pusat di Jakarta, SKB itu juga dilangsungkan di 13 kantor regional BKN daerah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
Bongkar Tugas dan Kewajiban PNS, Kepala BKN: Banyak Menderitanya