alexametrics

Jelang Perayaan Natal, Kemenag: Semua Harus Saling Menghargai

5 Desember 2017, 22:48:51 WIB

JawaPos.com – Jelang puncak perayaan Natal dalam tiga pekan ke depan, pernak-pernik natal sudah mulai menghiasi tempat umum. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Matsuki menyatakan, pemerintah berpesan agar masyarakat saling menghargai satu sama lain terkait perayaan umat beragama.

“Karena Natal berkaitan dengan atribut agama Kristen, ya bagi umat kristiani silahkan untuk menggunakan atribut yang sesuai,” ujar Matsuki saat dihubungi JawaPos.com Selasa (5/12).

Walau begitu, Kemenag berharap agar pemasangan atribut maupun simbol-simbol keagamaan saat natal dapat sesuai. Menurut Matsuki, tentu untuk pemasangan atribut atau simbol-simbol tertentu agar dipatuhi juga peraturan yang berlaku untuk sejalan dengan tujuannya.

Terkait dengan sweeping dari organisasi massa (ormas) di perayaan natal tahun lalu di beberapa tempat. Pemerintah ingin Natal kali ini berjalan baik dan aman. Bahkan, Kemenag mengimbau agar umat beragama harus saling toleran satu sama lain.

“Ya kepada semua umat beragama yang tidak melakukan perayaan natal, kami mohon pertama untuk melakukan tenggang rasa dan toleransi. Agar umat beragama yang sedang melaksanakan perayaan agamanya itu lebih kondusif dan lebih aman. Berjalan dengan baik,” Kata Matsuki.

Matsuki menambahkan, jika ada hal-hal yang terkait dengan pengaturan sebaiknya dikomunikasikan sejak awal dengan pemerintah setempat. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan-tindakan yang menimbulkan pro dan kontra bahkan ketegangan.

Kemenag juga berpesan untuk mempererat silahturahmi antar umat beragama perlu adanya komunikasi. Misal dengan memanfaatkan forum kerukunan umat beragama di masing-masing daerah. “Insya Allah jika pendekatannya lebih persuasif saya kira akan memungkinkan tidak akan terjadi ketegangan atau pertentangan,” tutupnya.

Editor : admin

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Jelang Perayaan Natal, Kemenag: Semua Harus Saling Menghargai