Diamond Wedding Yuliati dan Yahya Wijaya

Merasa Hampir Kehilangan, Bersyukur Bisa Capai 60 Tahun Pernikahan

4 Desember 2022, 13:48:14 WIB

Opa Yahya dan Oma Yuliati telah melewati manis pahitnya hidup bersama selama 60 tahun. Tidak ada pernikahan yang mulus tanpa masalah. Begitu yang diungkapkan Oma. Namun, gelombang kecil dan besar yang pernah dialami tidak melunturkan kasih sayang mereka satu sama lain hingga mencapai usia pernikahan berlian.

LAGU romantis mengiringi Yahya Wijaya dan Yuliati Wijaya saat bergandengan berjalan masuk menuju ’’singgasana’’ mereka sambil sesekali menyapa para tamu. Diamond wedding anniversary Mr and Mrs Wijaya itu dihelat bak resepsi pernikahan mereka. Yuliati bergaun warna dusty rose, serasi dengan Yahya yang mengenakan setelan jas.

’’Tepat pada tanggal 7, bulan 7, pukul 7, pada 1962, saya menikah dengan Yahya Wijaya yang sekarang saya panggil Opa,’’ tutur Oma Yuliati membuka acara malam itu. Perayaan yang digelar di Grand Royal Ballroom pada Minggu (20/11) tersebut harusnya dihelat pada 7 Juli lalu. Namun, ada musibah yang mengharuskan mereka menundanya.

Pada Juni lalu, Opa jatuh di kamar mandi dengan darah bercucuran. ’’Waduh, bagaimana Tuhan, saya mau kawin berlian, tapi Opa jatuh. Saya punya pikiran yang tidak-tidak, saya kira Opa sudah tidak ada karena begitu banyak darahnya,’’ ceritanya mengingat kenangan buruk tersebut. Ternyata ada bagian tulangnya yang patah.

’’Saat saya bawa ke beberapa rumah sakit, tidak ada yang berani mengambil tindakan karena Opa sudah pasang ring sejak delapan tahun lalu. Dan, ada obat yang rutin diminum yang membuat dokter tidak bisa mengambil tindakan (operasi, Red) segera,’’ lanjutnya. Harus menunggu dua minggu untuk menghilangkan efek obat dalam tubuh yang membuat Oma terpaksa membawa pulang Opa ke rumah.

Dua minggu bukan waktu yang sebentar untuk menahan rasa sakit akibat patah tulang. ’’Sampai ada teman anak saya yang merekomendasikan obat racikan dari Semarang. Setelah dikonsumsi beberapa lama, ternyata saat foto (rontgen) lagi, tulang Opa sudah rapet. Dokter juga kaget,’’ kenangnya.

Dari situ, Oma merasa sangat bersyukur bahwa Opa kembali sehat tanpa harus melakukan operasi. Pemulihan pun bisa dibilang cukup cepat hingga akhirnya mereka bisa merayakan diamond wedding anniversary. Kali ini bertepatan dengan ulang tahun ke-87 Yahya pada 20 November. ’’Kami berdua sudah melewati perayaan pernikahan di tahun ke-25, ke-50, sampai ke-60 ini,” tuturnya.

Oma bersyukur Tuhan masih sangat sayang pada dirinya dan memberi kesempatan pada mereka untuk terus bersama hingga usia pernikahan 60 tahun. Ibu tiga anak, oma sepuluh cucu, dan buyut satu cicit itu bilang, itu adalah hasil dari menabur selama masa pernikahan.

’’Sekarang tinggal waktunya menuai. Tidak menuai berlian atau uang, tapi menuai kebersamaan yang sudah mencapai tahun ke-60 ini,’’ sambungnya. Di usianya yang sudah kepala delapan tersebut, kebahagiaan terbesarnya adalah bisa berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat.

Kunci Langgeng Oma Yuliati-Opa Yahya

• Kalau Opa marah, Oma tidak meladeni dengan marah juga.

• Saat Opa bersikap keras, Oma lebih sering ’’ndablek’’. Namun, justru itu yang menjadikan tidak adanya pertengkaran serius. Karena tidak dimasukkan hati.

• Menjadi support system untuk masing-masing sejak menikah di usia 20 tahunan hingga kini sudah kepala delapan. Oma maupun Opa sampai saat ini masih aktif dalam kegiatan organisasi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ama/c12/nor

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads