alexametrics

Lihat Hasil Pembahasan dengan JK, 16 Pangeran Arab Tak Sabar…

4 Maret 2017, 19:23:07 WIB

JawaPos.con – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah melakukan pertemuan langsun dengan 16 Pangeran dari Arab Saudi. Pertemuan tersebut dilakukan sebelum dirinya melepas kepergian Raja Salman bin Abdulaziz Al Saudi menuju ke Brunei Darusalam dan setelah itu ke Bali.

Menurut JK, pertemuan itu untuk membicarakan masalah 11 poin nota kesepahaman atau MoU antara Indonesia dengan Arab Saudi. Para Pangeran Arab Saudi sangat antusias dan ingin segera mungkin 11 kerja sama itu bisa terealisasikan dalam bentuk nyata.

“Membahas sekali lagi percepatan apa yang telah disetujui dan walaupun singkat (pertemuan) tapi mereka sangat ingin segera semua dilaksanakan dengan baik,” ujar JK di Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (4/3).

Sebelumnya, Juru Bicara Wakil Presiden JK, Husain Abdullah mengatakan, sebelum melepas kepergian Raja Salman, JK akan terlebih melakukan pertemuan dengan para Pangeran Arab Saudi. Menurut mantan pewarta ini pertemuan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti 11 poin nota kesepahaman kerja sama antara Indonesia dengan Arab Saudi.

Berikut nota kesepahaman (MoU) antara Indonesia dengan Arab Saudi.

1. Deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Menteri Kabinet Kerja yang menandatangani MoU ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

2. Pendanaan Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for Development dan Pemerintah Indonesia. Menteri Keuangan RI dan Wakil Direktur Saudi Fund adalah dua orang yang menandatangani MoU ini.

3. Nota kesepahaman kerja sama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi.

4. Program kerja sama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.

5. Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kesehatan.

6. Nota kesepahaman antara otoritas aero nautica Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

7. Program kerja sama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerja sama scientific dan pendidikan tinggi.

8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Urusan Islam Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi di bidang urusan Islam.

9. Nota kesepahaman antara Pemerintah Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kelautan dan perikanan.

10. Program kerja sama perdagangan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia serta Kementerian Perdagangan dan Investasi Kerajaan Arab Saudi.

11. Perjanjian kerja sama dalam pemberantasan kejahatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi. (cr2/JPG)

Editor : Yusuf Asyari

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Lihat Hasil Pembahasan dengan JK, 16 Pangeran Arab Tak Sabar...