alexametrics

Batik yang Selimuti Ani Yudhoyono Disiapkan untuk Seragam Lebaran

3 Juni 2019, 15:27:50 WIB

JawaPos.com – Ibu Negara ke-6 Ani Yudhoyono tutup usia di umur 67 tahun, pada Sabtu (1/6). Empat bulan melawan kanker darah, Ani menghembuskan napas terakhir di National University Hospital Singapura.

Ani Yudhoyono disemayamkan dengan balutan kain batik berwarna hitam. Hal ini terlihat dari foto yang beredar di kalangan wartawan saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan melayat pada 1 Juni 2019.

Saat dikonfirmasi, politikus Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan, kain batik hitam yang menyelimuti Ibu Ani -sapaan akrab Ani Yudhoyono- sebenarnya bakal dijahit dan digunakan ‎dalam momen Idul Fitri bersama keluarga besar Yudhoyono.

“Kemarin memang Bu Ani merancang agar lebaran di NUH dengan seragam yang sama, warna hitam itu,” ujar Andi Arief di Cikeas, Jawa Barat, Senin (3/6).

Menurut Andi, memang setiap Idul Fitri, Ani punya tradisi menggunakan pakaian seragam bersama dengan keluarga besar Yudhoyono. Tradisi itu sudah dilakukan sejak dahulu.

Sehingga, katanya, memang sudah ada rencana menggunakan batik seragam dan merayakannya di National University Hospital di Singapura. “Ibu Ani punya tradisi di keluarganya bagus sekali. Bersama anak dan cucunya setiap lebaran itu seragam,” katanya.

Namun demikian, takdir berkehendak lain. Ani Yudhoyono tidak bisa merayakan Idul Fitri bersama dengan suami, anak, menantu dan empat cucu tercinta‎.

Empat bulan lamanya melawan kanker darah Ani Yudhoyono dipanggil Allah SWT pada 1 Juni sekira pukul 11.50 waktu Singapura. “Jadi, ingin dirayakan di rumah sakit bersama suami, anak, dan cucunya. Tidak kesampaian, Ibu Ani tanggal 1 Juni pergi dan jenazah akhirnya diselimuti oleh batik,” ungkapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads