alexametrics

Mensos Kunjungi Pacitan, Sampaikan Bantuan dan Santunan Kematian

1 Desember 2017, 23:23:31 WIB

JawaPos.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengadakan kunjungan ke Pacitan, Jawa Timur, Jumat (1/12). Kunjungan ini terkait bencana alam yang menerpa wilayah tersebut. Selain untuk menyampaikan belasungkawanya, Khofifah juga memastikan seluruh ahli waris menerima santunan kematian baik untuk korban meninggal maupun yang hilang.

Hingga saat ini dari 20 korban yang hilang, namun baru 10 orang yang ditemukan jasadnya. Sisanya tim petugas masih mencari keberadaan dari korban.

Untuk ahli waris korban meninggal, Kemensos memberikan masing-masing Rp 15 juta beserta paket sembako. Jadi, total santunan yang disampaikan Khofifah sebesar Rp 300 juta.

“Karena baru 10 jenazah yang ditemukan, maka santunan kematian baru diberikan kepada 10 orang ahli waris. Sisanya, menyusul setelah jenazah ditemukan,” terang Khofifah.

Kementerian Sosial juga memberikan bantuan logistik sesaat setelah banjir bandang dan tanah longsor senilai Rp 132,6 juta. Bantuan tersebut berupa lauk-pauk siap saji.

Sementara untuk membantu warga dalam upaya pembersihan sisa banjir, pihak Kemensos memberikan peralatan kebersihan lingkungan senilai lebih dari Rp 1,073 miliar. Dengan demikian, total keseluruhan bantuan yang digelontorkan senilai Rp 1,356 miliar.

Diketahui 20 orang meninggal dunia akibat bencana alam di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ke-20 korban meninggal tersebut terdiri atas empat belas orang yang meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor di Kabupaten Pacitan, serta enam orang akibat hanyut terbawa banjir.

“Mari jadikan musibah ini sebagai peringatan dini bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” tuturnya.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem akibat Siklon Tropis Cempaka menyebabkan sejumlah daerah termasuk Pacitan, Jawa Timur diterjang banjir, longsor, dan puting beliung.

Editor : admin

Reporter : (ce1/rgm/JPC)



Close Ads
Mensos Kunjungi Pacitan, Sampaikan Bantuan dan Santunan Kematian