alexametrics

Kirim Ratusan Tim Medis, Kemenkes Maksimalkan Rumah Sakit Daerah

1 Oktober 2018, 16:44:09 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bergerak cepat pascagempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Kemenkes langsung menurunkan tim medis dari sejumlah rumah sakit daerah.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan, untuk mengurangi risiko kesehatan, pihaknya terus perkuat bidang kesehatan dengan memaksimalkan pelayanan kesehatan.

Di antaranya dengan mengirimkan dokter, tenaga kesehatan, dan menjamin ketersediaan obat. Kemenkes, kata Nila, memaksimalkan kapasitas kesehatan daerah dan wilayah terdekat sekitarnya.

“Sejak kejadian bencana itu, dokter dan tenaga kesehatan lainnya sudah bersiaga di sana.
Kemenkes terus memperkuat (bidang kesehatan) sesuai kebutuhan,” papar Nila di Jakarta, Senin (1/10).

Kemenkes telah mengirimkan tim rapid health assessment (RHA) ke lokasi untuk melakukan kajian cepat situasi dan kebutuhan layanan kesehatan. Untuk mendukung layanan kesehatan, lanjut Nila, pihaknya telah mengirimkan gelombang pertama tim kesehatan gabungan dari RSUP Kandou Manado dan RSUP Wahidin Makasar.

“Ada yang dokter spesialis, dokter umum, dan perawat,” kata Nila.

Tim berikutnya dari RSUP dr Kariadi Semarang, RSUP dr Sarjito Yogyakarta, RSUP Hasan Sadikin Bandung, dan RSUP dr M. Hoesin Palembang. Ditambah Sebanyak 30 orang tim Nusantara Sehat juga telah siap untuk dikerahkan ke wilayah terdampak.

“Tim kesehatan juga mendapat dukungan dari TNI di Jakarta dan Malang yang akan mendirikan rumah sakit lapangan di lokasi kejadian. RS kapal TNI AL juga akan diberangkatkan dari Jakarta kemarin (29/9),” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (ika/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kirim Ratusan Tim Medis, Kemenkes Maksimalkan Rumah Sakit Daerah