alexametrics

Raih Best Good Design Indonesia Award, Bobupot Siap Diekspor

30 November 2021, 07:48:53 WIB

Berawal dari ketidaksengajaan, Anddys Firstanty berhasil membuat bola tumbuh dalam pot (bobupot). Dia tak hanya menciptakan inovasi baru. Berkat kreativitas tersebut, kini banyak penghargaan yang diterimanya. Salah satunya menyabet Best Good Design Indonesia Award 2021 dari Kementerian Perdagangan.

WAHYU ZANUAR BUSTOMI, Surabaya

ANDDYS Firstanty tak pernah menyangka inovasinya kini mulai dilirik banyak orang. Bahkan sampai di luar negeri. Sekilas, memang tak ada yang berbeda dengan pot bunga buatannya. Bentuknya bulat. Saat dipegang, teksturnya kasar. Warnanya gelap. Bergantung jenis bahannya. Bahannya terbuat dari pasir dan sekam.

Perbedaan mencolok tampak saat dilihat secara detail. Bola tumbuh dalam pot (bobupot) terdiri atas beberapa lapisan. Semuanya memiliki fungsi. Bukan sekadar pemanis ruangan. Bagaimana caranya tanaman tetap tumbuh meski jarang dirawat atau disiram. Sebab, ada tandon air di dalamnya.

Bobupot memiliki beberapa lapisan. Bagian luarnya dibuat dari coco peat. Kemudian, dipres dengan tambahan perekat. Nah, bentuk bulatannya terbuat dari HDPE. Dengan begitu, bobupot mampu menopang beban tanaman di dalamnya.

Inovasi itu dibuat Anddys bukan tanpa sengaja. Semua bermula dari konsep keinginan klien.

Sebagai seorang arsitek, Anddys selalu mengeksplorasi beragam hal. Tak terkecuali dengan konsep lingkungan.

Bobupot awalnya dibuat sebagai pelengkap interior berkonsep natural. Pembuatannya tak mudah. Sekilas, bobupot memang simpel dan biasa. Namun, Anddys butuh waktu hingga setahun untuk melakukan riset dan uji lab. Upaya itu dilakukan untuk memastikan tanaman bisa tumbuh. Termasuk saat berada di dalam ruangan ber- AC.

Lulusan Master of Landscape Architecture, Hochschule Anhalt, Jerman, itu butuh setahun untuk mematangkan inovasinya. Kini satu per satu penghargaan mulai menghampiri. Terakhir, bulan ini Anddys menyabet penghargaan dari sebuah ajang bergengsi. Yakni, Good Design Indonesia (GDI) Award 2021. Sebuah ajang yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

GDI adalah ajang penghargaan bagi para desainer. Total, ada sekitar 500 peserta. Mereka berasal dari beragam latar belakang. Mulai pelaku UMKM hingga perusahaan besar. Semuanya berkompetisi menjadi yang terbaik. Keunikan dan inovasi menjadi penilaian penting. Termasuk penggunaan bahan daur ulang.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c14/git




Close Ads