alexametrics
Band Punk Stronger.inc

Manggung? Nanti ”Sampai Kita Berjumpa Lagi”

30 Juni 2020, 13:53:37 WIB

Mereka mengisi part lagu di kota masing-masing sebelum mengirim via e-mail atau WhatsApp. Begitu juga klipnya yang direkam sendiri-sendiri. Para personelnya punker berpengalaman yang sebagian sudah saling akrab, sebagian lagi baru kenal.

FARID S. MAULANA, Jakarta, Jawa Pos

TERKURUNG di rumah selama pandemi benar-benar membuat Arief tak ubahnya seperti nama bandnya: blingsatan. Bingung harus mengerjakan apa.

Paling cuma bisa main musik. Mbetot dawai-dawai bas dengan keras saja.

Sampai kemudian basis band punk Blingsatan itu melihat ada challenge jam session cover lagu di Instagram. Ramai.

Energinya sebagai anak punk seketika menggelegak. ”Langsung tercetus ide bikin yang serupa tapi beda,” kata musisi bernama lengkap Dwi Budi Darma Arief tersebut.

Challenge jam session adalah membuat lagu secara virtual selama satu menit. Lagunya cukup intro, bait, dan reff saja. Tujuannya saat itu hanya untuk konten Instagram.

Ternyata sambutan yang dia terima sangat positif. Banyak yang ikut challenge tersebut. Arief lantas kepikiran melanjutkan karya satu menitnya ke level ”serius”.

Satu nama langsung muncul di pikirannya: Laksamana Rakalogatama alias Buluks. Gitaris sekaligus vokalis Superglad.

”Kenapa Buluks juga karena saya sebenarnya ingin yang lintas kota. Kebetulan, Buluks temen dekat juga,” ujarnya lantas tertawa.

Gayung bersambut. Ajakan untuk mengisi rhythm gitar di lagu ciptaannya yang masih berdurasi satu menit itu diiyakan Buluks.

”Lalu Buluks ngajak Bu’uk, gitaris band punk senior dari Bandung Turtle Jr. Kemudian kami cari drumer,” jelasnya.

Sempat muncul nama Eno NTRL. Tapi, entah karena alasan apa, Eno batal bergabung. ”Diganti Ozom, drumer dari Topi Jerami, band pop punk legendaris dari Bogor,” paparnya.

Setelah empat personel itu setuju, lagu satu menit karangan Arief dimatangkan. Keempatnya mencoba memberikan ritme-ritme yang khas. Part yang diisi masing-masing personel kemudian dikirim via email atau WhatsApp sebelum di-mixing.

Jadilah lagu berjudul Sampai Kita Berjumpa Lagi yang berdurasi tiga menit. Tapi, ketika sudah jadi, Arief merasa ada yang kurang pas.

Diresapi lagi lagu itu. Masalah lirik, sangat cocok dengan tujuannya, yakni penyemangat masyarakat di kala korona, dari sisi musik, sudah tidak diragukan lagi.

Akhirnya ketemu: lagu tersebut masih belum ada ritme bas sama sekali. Arief pun mencari sosok basis yang tepat. Tentu dengan status ”berada di kota berbeda dengan personel lain”.

Arief sebenarnya memainkan bas di Blingsatan sejak 2005. Tapi, dia ingin hal berbeda. Dia ingin di lagu tersebut hanya mengisi suara vokal sekaligus pencipta lirik. ”Aku sempat lihat Buluks bikin konten bareng Eka Rock (basis Superman Is Dead) di live Instagram. Aku langsung tembak di kolom komen agar Buluks ngajak Eka gabung, ternyata setuju,” ucapnya.

Bergabungnya Eka Rock membuat single berjudul Sampai Kita Berjumpa Lagi pun selesai digarap. Bahkan, nama band Stronger.inc merupakan ide Eka Rock.

Ide yang keluar sebagai harapan band ”gabungan” itu bisa jadi penyemangat masyarakat saat menghadapi pandemi korona. ”Kebetulan pas juga dengan single Sampai Kita Berjumpa Lagi yang maknanya adalah spirit agar semua percaya kondisi ini (pandemi korona) bisa cepat berlalu dan kembali seperti semula,” terangnya.

Buluks membenarkan bahwa dirinya turut terlibat dalam rekrutmen empat personel lain. ”Waktu itu mikirnya daripada bengong gak ada kerjaan selama pandemi, akhirnya aku setuju dan kerjain nada dari Arief. Setuju bikin karya bareng,” jelasnya.

Buluks mengungkapkan, ketika awal-awal berkumpul via virtual, banyak hal baru yang dirasakan. Semangat baru yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Apalagi, dia baru kali ini merasakan membuat lagu tanpa bertemu. Hanya via virtual.

Walau tak pernah bertatap muka atau jamming bersama, karya yang dihasilkan Stronger.inc tak setengah-setengah. Balutan punk rock begitu kental sepanjang lagu.

Ciri khas masing-masing personel terlihat. Apalagi teriakan Arief yang mengisi posisi vokal kian menegaskan Stronger.inc bukan band sembarangan.

Alasan itu juga yang akhirnya membuat Buluks kepikiran melangkahkan Stronger.inc ke jenjang yang lebih serius lagi: dengan terus membuat lagu dan akhirnya bikin album. ”Karena awal membentuk band ini adalah untuk menyemangati masyarakat Indonesia supaya makin kuat menjalani pandemi ini,” katanya.

Tapi, untuk saat ini, ujar Buluks, aktivitas Stronger.inc sedikit terhenti. Selain beberapa personel lain mulai aktif berkegiatan dengan band masing-masing, dia sendiri sedang mempersiapkan album untuk band keduanya di luar Superglad, yakni Kausa.

”Sedang workshop, saya sendiri sudah izin untuk fokus ke Kausa. Tapi, kalau ada lagu, saya bersedia mengisi kok. Ini masih nunggu,” ungkapnya.

Arief mengakui, kesulitan Stronger.inc adalah personelnya tinggal di kota yang berbeda-beda. Arief di Surabaya, Buluks di Jakarta, Ozom di Bogor, Bu’uk di Bandung, sedangkan Eka Rock di Denpasar.

Urusan aransemen sedikit sulit. ”Kalau ide lagu sih oke-oke saja karena justru jalurnya sama, punk rock. Personel lain juga open minded,” jelasnya.

Untungnya, Stronger.inc sudah punya grup WhatsApp. Komunikasi pun tidak terputus. Api untuk tetap berkarya bersama terus menyala. ”Saya awalnya yang belum kenal sama sekali dengan Ozom pun akhirnya jadi akrab. Banyak bercandanya juga di Stronger.inc, jadi enak,” paparnya.

Masalah manggung tentu baru bisa terealisasi setelah pandemi korona selesai. Arief pun menjamin suatu saat Stronger.inc akan tampil live. Tidak hanya melalui video virtual seperti sekarang. Yang kelima personelnya sama sekali tidak bertemu satu sama lain. Untuk klip Sampai Kita Berjumpa Lagi, mereka merekam sendiri-sendiri, lalu digabungkan jadi satu.

Kita kan bertemu lagi, kita kan bersama lagi

Sampai kita berjumpa lagi

Nukilan dari reff lagu pertama Stronger.inc itu tak ubahnya pesan, harapan, atau komitmen. Mereka akan tetap ada. Saat atau sesudah pandemi korona berakhir.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c9/ttg



Close Ads