alexametrics

Nevan, Pangeran Lingkungan Hidup yang Terus Lanjutkan Proyek Jeruk

26 November 2021, 07:48:35 WIB

Sudah mengantongi gelar Pangeran Lingkungan Hidup 2021 tidak membuat Nevan Azka Fiardy berhenti peduli lingkungan. Ribuan bibit jeruk kingkit sudah disebar dan kini terus diolahnya di rumah.

RETNO DYAH, Surabaya

HAMPIR setiap sudut teras dan halaman rumah Nevan diisi bibit jeruk kingkit. Ada berapa ya? Saking banyaknya, sulit sekali menghitung jumlah bibit yang menunggu dewasa itu. Sebagian bibit memang ditanam sendiri. Sebagian lagi diberikan kepada orang lain atau komunitas. Cita-citanya, memang ingin bikin banyak orang tahu mengenai jeruk kingkit.

”Sekarang di dekat rumah juga sudah ada taman khusus buat jeruk kingkit,” kata Nevan. Taman itu dirawat warga setempat. Nevan sebagai penyalur bibit masih sering menengok perkembangan tanaman tersebut. Kadang ikut menyiram atau menambah bibit.

”Bukan hanya khusus jeruk kingkit ya, yang lahan tak terpakai, terus diisi tanaman toga juga ada,” sambung siswa SD yang berdomisili di kawasan Lempung tersebut.

Nevan sangat senang melihat antusiasme warga sekitar. Banyak juga yang akhirnya ikut-ikutan menanam jeruk kingkit dan toga lainnya.

Awalnya Nevan memang aktif berkunjung ke RT-RT di sekitar rumahnya. Nevan memberikan pelatihan dan edukasi terkait lingkungan.

”Dulu ya pernah pelatihan minyak jelantah, biopori. Terus bikin kompetisi antar-RT biar semangat,” ucap siswa SDN Kaliasin I itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git




Close Ads