alexametrics

Kisah Saudara Kandung yang Bersua Setelah Terpisah 67 Tahun

26 April 2021, 12:10:17 WIB

Syamsuddin meninggalkan kampung kelahirannya, Ngadiluwih, sejak 1954. Sejak saat itu, praktis dia kehilangan jejak saudara-saudaranya. Tak ada komunikasi sama sekali, sehingga terpisah hampir 67 tahun lamanya. Namun kini ada secercah harapan dia bisa kembali berkumpul dengan saudaranya yang masih tersisa.

DEWI AYU NINGTYAS, JP Radar Kediri

SITI Komariah masih ingat betul momen yang terjadi saat dia melakukan video call Jumat (23/4). Ayahnya yang berumur 86 tahun langsung mengenali sosok di layar handphone. “Kakangku Sudin…,” ucap Syamsul Muanam, ayah wanita yang biasa dipanggil Kokom itu.

Sapaan itu bersambut. Wajah di layar HP yang fisiknya ada di Dumai, Riau itu langsung menyahut,”Syamsul Muanam.”

Menurut Kokom, saat melontarkan sapaan itu, Syamsul mengucapkan dengan lantang. Setidaknya bila melihat selama ini ayahnya tersebut menderita stroke di usia tuanya.

Jalinan komunikasi itu terjadi setelah anak Syamsul yang lain, Siti Mudrikah, melihat video viral di grup-grup percakapan WhatsApp. Tentang seorang kakek yang sebatang kara di Sumatera dan tengah mencari keluarganya yang ada di Kediri. Mudrikah kemudian membagikan video yang dia dapat di grup WA warga Ngadiluwih itu ke grup keluarga inti, hingga keluarga besarnya.

Editor : Kuswandi

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads