alexametrics

Pasar Malam Hiburan yang Sarat Fungsi Sosial

23 Januari 2022, 19:26:36 WIB

PASAR malam adalah hiburan alternatif yang sudah sejak lama ada. Dalam perkembangannya, pasar malam bersaing dengan pusat-pusat hiburan urban seperti mal yang terus bertambah jumlahnya.

Sosiolog Universitas Airlangga Bagong Suyanto mengatakan, di tengah derasnya arus modernitas pun, pasar malam masih eksis. Namun memang lebih banyak ditemukan di kawasan pinggir kota. Sebab, pusat-pusat kota lebih sibuk dengan pembangunan mal.

Pasar malam, menurut Bagong, mempunyai fungsi sosial yang baik. Ia mampu membangun kedekatan sosial masyarakat. Di pasar malam orang-orang bertemu sambil melepas penat setelah bekerja. Anak-anak muda membawa pasangannya untuk berkencan. Sementara para orang tua menemani anak-anaknya menikmati wahana-wahana yang ada.

”Fungsi sosial semacam itu belum bisa tergantikan oleh hiburan yang lain. Baik itu tayangan di televisi, di YouTube, ataupun aktivitas bermedia sosial,” tutur Bagong tadi malam.

Sementara itu, kru pasar malam yang terbiasa nomaden biasanya mudah beradaptasi. Mereka bekerja dengan berpindah-pindah, dari satu tempat ke tempat lain, dengan batasan waktu tertentu. Peluang mereka untuk menjalin relasi yang kuat dengan warga sekitar area show mungkin tidak begitu besar. Tetapi, hal tersebut tidak sulit dilakukan.

”Karena mobilitasnya sangat tinggi, mereka juga akan bergaul dengan orang yang berganti-ganti terus. Ini berbeda dengan kaum migran yang memang juga pindah ke lokasi lain untuk bekerja, tetapi menetap di satu kota,” terang Bagong.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : rin/c9/hep

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads