alexametrics

Portable Vaccine Carrier, Cocok untuk Kirim Vaksin Covid-19 ke Pelosok

22 Februari 2021, 15:04:35 WIB

Pemerintah kian gencar menjalankan program vaksinasi Covid-19. Cakupan yang divaksin bakal makin luas sampai ke daerah pedalaman. Keberadaan vaccine carrier atau perangkat pembawa vaksin menjadi tantangan tersendiri.

M. HILMI SETIAWAN, Jawa Pos, Depok

KESAN seorang guru besar hampir tidak tampak pada sosok Nandy Setiadi Djaya Putra. Rambutnya gondrong. Dikucir supaya terlihat rapi. Saat ditemui di gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Jumat (19/2), Nandy mengenakan setelan kemeja putih dan jins biru. ”Dari dulu sudah seperti ini,” katanya lantas tertawa.

Sejurus kemudian Nandy mengajak ke gedung Manufacturing Research Center (MRC) FTUI. Berjalan kaki. Gedung itu terlihat seperti bengkel. Beragam eksperimen mahasiswa dan dosen hampir memenuhi ruangan. Sampai di lantai 6 gedung MRC, Nandy menunjukkan inovasi yang dia hasilkan, yaitu portable vaccine carrier atau alat pembawa vaksin portabel.

Pria kelahiran Palembang, 25 Oktober 1970, itu menaruh perhatian pada konsumsi energi atau listrik PLN. Dalam setiap penelitian atau inovasinya, dia selalu mengutamakan aspek hemat energi. Bahkan, sistem pendingin ruangan di gedung MRC FTUI juga menggunakan teknologi hemat energi. Memanfaatkan termal atau panas matahari yang diolah menjadi udara dingin.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c9/oni




Close Ads