alexametrics

Shenina Syawalita Cinnamon: Gunakan Trauma untuk Bersuara

Semakin Bercahaya setelah Penyalin Cahaya
21 November 2021, 20:59:13 WIB

AKTING Shenina Syawalita Cinnamon sebagai Suryani dalam film Penyalin Cahaya sukses mengantarkannya ke puncak karier. Berkat film tersebut, dia mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran baru. Skill seni perannya pun terasah. Shenina mengungkapkan bahwa Penyalin Cahaya punya makna personal baginya. Ada perasaan trauma pada masa lalu yang dia bawa dalam berkarya sebagai aktris.

Apa alasan utama Shenina mau ikut terlibat dalam film Penyalin Cahaya?

Menurut aku, isu kekerasan seksual di kampus udah harus dibahas. Banyak permasalahan kekerasan seksual yang belum bisa dibahas secara hukum. Jadi, aku pengin banget bisa ikut menyuarakan itu lewat film. Apalagi, aku berperan sebagai penyintas kekerasan seksual di film ini.

Butuh waktu berapa lama dan bagaimana cara kamu menjiwai peran tersebut?

Sekitar tiga bulan aku masuk ke karakternya. Aku mendapatkan cerita-cerita dari luar, gimana trauma yang dilewati para penyintas. Bahkan, aku sampai dikirim Kak Wregas (Bhanuteja, sutradara Penyalin Cahaya) untuk menyendiri di Bali selama beberapa hari. Aku di sana tinggal di kos-kosan supaya nggak ketemu sama banyak orang. Sutradara memang meminta aku tidak bahagia.

Shenina pernah mengalami trauma akibat kekerasan seksual?

Editor : Ilham Safutra

Reporter : shf/c14/len




Close Ads