alexametrics
Kisah-Kisah Difabel Meniti Karier (1)

Trauma Direndahkan dan Harus Dikasihani saat Melamar Kerja

21 September 2021, 07:48:27 WIB

Penyandang disabilitas dan sejumlah komunitas difabel menceritakan kisah mereka dalam meniti karier. Berbagai usaha dilakukan mereka agar bisa bekerja secara profesional dan melawan keminderan.

HANAA SEPTIANA, Surabaya

’’SAYA sempat minder karena khawatir tidak bisa berbaur dengan nondifabel di tempat kerja,” ujar Prita Intan Rahayu saat dihubungi Sabtu (11/9).

Dia adalah seorang penyandang disabilitas dwarfisme. Perempuan yang kerap disapa Intan itu menceritakan kisahnya dalam meniti karier. Dia mengaku sempat mengalami hambatan internal saat mencari kerja. Misalnya, kurang percaya diri dan kurang dukungan.

Intan merupakan lulusan S-1 komunikasi 2012. Ketika lulus, dia sempat ditawari pekerjaan sebuah perusahaan sebagai customer service di sektor pertambangan. Namun, tawaran itu ditolaknya. Sebab, orang tuanya tidak tega dengan keadaan fisik Intan. Dia pun tak menyerah. Intan tetap mencari kerja lagi dan mengikuti sejumlah pelatihan prakerja.

Beberapa kali mencari kerja, Intan merasa kurang percaya diri. Sebab, lingkungan kerja tampak tidak mendukung dan meremehkan dirinya. ’’Ada pewawancara yang merendahkan saya. Itu membuat saya minder,” ucap anggota Disabilitas Motor Indonesia (DMI) Surabaya itu.

Setelah melamar di berbagai instansi, perempuan 31 tahun tersebut diterima bekerja pada 2017. Yakni sebagai guru di sebuah sekolah swasta. Tetapi, kontrak kerja berakhir 2019 dan pihak sekolah tidak memperpanjangnya. Meski begitu, Intan tetap semangat mencari kerja lagi. Kini sembari melamar kerja, dia bersama ibunya mendirikan warung kopi.

Intan juga berharap bisa mengembangkan soft skill saat ini. Sebab, dia belum pernah menerima pelatihan di bidang tersebut. ’’Misalnya, public speaking, membuat CV, dan pelatihan kepribadian,” ucap alumnus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads