alexametrics

Elaine si Jago Bahasa Inggris Jadi Ketua RT Cilik Termuda di Bubutan

19 November 2019, 20:48:08 WIB

Elaine Selyna Hartono menjadi salah seorang ketua RT termuda di Kampung Lawas Maspati, Bubutan. Meski demikian, dia punya program utama yang tidak main-main.

SEPTIAN NUR HADI, Surabaya

ELAINE sudah siap di depan rumahnya pada Minggu pagi (17/11). Hari itu segudang aktivitas siap dijalani. Mulai merawat tanaman, belajar kelompok bersama teman sebaya, hingga menjadi tour guide untuk para tamu yang datang ke kampungnya. Semua itu merupakan aktivitas rutin Elaine selama setahun terakhir menjabat ketua RT (rukun tetangga) cilik di Kampung Lawas Maspati, Bubutan.

Di Kampung Maspati, ada lima RT cilik. Namun, Elaine-lah yang termuda. Usianya 8 tahun. Sementara itu, RT cilik lain berusia lebih dari 10 tahun. Ketua RT cilik di RW 6 tersebut mewakili lima RT di sana. Setiap RT memiliki ketua RT cilik selain RT dewasa. Jadi, setiap RT mempunyai dua pemimpin.

RT cilik, termasuk Elaine, punya tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang berbeda dengan RT dewasa. RT dewasa bertanggung jawab atas seluruh kondisi di wilayahnya layaknya tugas RT di wilayah lain. Sementara itu, RT cilik bertugas membimbing serta mengembangkan anak-anak di lingkungan tersebut ’’Seperti mengajak untuk menjaga lingkungan dengan cara menyiram tanaman setiap hari dan tidak membuang sampah sembarangan. Lalu, rutin mengadakan belajar kelompok. Tujuannya, meningkatkan kemampuan belajar anak-anak di sini. Termasuk saya sendiri,’’ kata Elaine di rumahnya di Jalan Maspati V. Anak perempuan kelahiran Surabaya, 25 April 2011, itu pun punya cara untuk menyukseskan programnya. Yaitu, melalui contoh dan penjelasan langsung lewat kerja bakti bersama serta rutin belajar kelompok.

Anak-anak sebayanya pun tertarik karena Elaine yang masih duduk di kelas III SD sudah jago berbahasa Inggris. Karena itu, dia juga dipercaya sebagai tour guide untuk tamu asing yang datang ke Kampung Lawas Maspati. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang datang saat perayaan Hari Santri beberapa waktu lalu pun terkesima dengan kemampuan bahasa Inggris Elaine. Bukan hanya itu, Elaine juga mampu menjelaskan keunikan Kampung Maspati dengan baik. Itu pun dituturkan dalam bahasa Inggris.

Kebiasaan berbahasa Inggris tersebut akhirnya bikin teman-teman sebayanya ketularan. ’’Sekarang teman-teman sudah terbiasa dengan bahasa Inggris. Tidak malu-malu lagi,’’ kata putri pasangan Hartono dan Hennywaty Tirtajaja itu.

Hennywaty menjelaskan, kecerdasan Elaine memang terlihat sejak menempuh pendidikan SD. Segudang prestasi berhasil didapat. Di antaranya, medali emas bahasa Inggris se-Jawa Timur, juara I olimpiade matematika dan sains tingkat Surabaya, serta juara lomba komputer. ’’Anaknya memang suka belajar,’’ ujar perempuan 37 tahun itu.

Elaine mengaku masih punya keinginan terpendam yang belum kesampaian. Dia ingin bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Elaine sangat mengagumi Risma. Sebab, Risma dinilai sebagai perempuan yang sangat mencintai lingkungannya. ’’Berkat beliau, Kampung Maspati jadi lebih apik. Nanti ketemu, aku pengin ngobrol-ngobrol. Ngobrolin apaan saja. Semoga bisa cepat ketemu sama Bu Risma,’’ harap Elaine

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c19/tia



Close Ads