alexametrics

Perjuangan Panjang Ani Kasanah agar Resmi Menjadi Anang Sutomo (2)

18 Juni 2021, 14:34:17 WIB

Jelang Operasi Ketiga di Usia 21 Tahun, Baru Ingat Belum Punya Akta dan KTP

Sepulang dari operasi kedua, Anang Sutomo mengisi hari-harinya sebagaimana umumnya remaja lelaki di desanya. Namun, jadwal operasi ketiga yang molor dari empat bulan menjadi hampir lima tahun merampas fisik dan rasa percaya dirinya.

PUSPITORINI DIAN H., Kediri, Jawa Pos

RASA lega dan puas Anang Sutomo setelah menjalani dua kali operasi penyempurnaan alat kelamin di RSUD dr Soetomo tidak berlangsung lama. Sebab, dia diminta pulang ke Kediri dulu menunggu panggilan dari rumah sakit untuk operasi tahap ketiga.

”Menunggu hasil operasi kedua benar-benar kuat untuk operasi ketiga. Sambil menunggu dokternya yang sedang berada di luar negeri,” jelas Fatimah, bulik Anang Sutomo, bercerita saat mendampingi Anang.

Pada 20 Mei 2016 itu, Anang yang didampingi Tutik, ibu, dan Lilik Alfiyah, kakaknya, pulang dengan dijemput tim Jawa Pos Radar Kediri. Beberapa hari berikutnya, Ani Kasanah yang telah menjadi Anang Sutomo sudah menjalani kehidupan sehari-hari sebagai laki-laki di tempat tinggalnya: Dusun Tunggul, Desa Selopanggung, Kecamatan Semen. Dia mengikuti salat Jumat dan bekerja membantu ayahnya, Setu, berladang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads