alexametrics

Liku-Liku Perjuangan Eko Mengubah Lingkungan Kumuh di RW 2 Asemrowo

17 April 2021, 07:48:30 WIB

Terletak di wilayah pesisir membuat lingkungan RW 2 Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, terkesan kumuh dan gersang. Kondisi itu mendorong Eko Prasetiyo bergerak. Eko mengajak para warga untuk berbenah menjadi kampung warna-warni.

SEPTIAN NUR HADI, Surabaya

IDE membentuk kampung warna-warni tebersit di pikiran Eko Prasetiyo sejak 2017. Ketika itu, lingkungan RW 2 sangat kumuh. Sampah berceceran di mana-mana. Kandang ayam menghiasi banyak teras rumah warga. Kotor. Aroma busuk menguar ke mana-mana. Bisa dibilang, di sana tingkat kepedulian warga untuk melestarikan lingkungan sangatlah rendah.

Kendala biaya membuat ide Eko sulit terealisasi. Apalagi kekompakan warga belum terbentuk. Mereka masih bersikap individualistis. Mengandalkan swadaya masyarakat dinilai sangat sulit. ”Kasarnya, yang penting rumahnya bersih. Mau yang lain kotor, baik di depan rumah sekalipun, warga tidak peduli,” kata Eko Prasetiyo di balai RT 3, RW 2, Jalan Greges Timur, Gang Buyung Indah, Rabu siang (14/3).

Sebagai pendamping lingkungan dan pemberdayaan masyarakat RW 2, Eko mempunyai tanggung jawab besar untuk melestarikan lingkungan tempat tinggalnya. Pria kelahiran Surabaya, 17 April 1984, itu mengajak warga bebenah untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Beberapa program dilakukan. Mulai bercocok tanam hingga daur ulang sampah plastik. Warga diminta untuk menamam minimal enam tanaman di setiap teras rumah masing-masing. Kemudian, seluruh warga diwajibkan mengumpulkan sampah plastik dan menyetorkannya ke bank sampah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads