alexametrics

ISP Surabaya, Komunitas yang Mengedukasi Saham kepada Investor Pemula

16 Februari 2021, 07:48:58 WIB

Saat pandemi Covid-19, tren belajar saham meningkat. Ada komunitas anak muda yang mengajari investor pemula agar tidak terjebak dalam berinvestasi.

SHABRINA PARAMACITRA, Jawa Pos

KEMERDEKAAN finansial. Melek investasi. Pensiun dini. Biarkan uang yang bekerja untuk Anda. Frasa-frasa tersebut barangkali kian akrab di telinga ketika kita ngobrol dengan teman lama yang kelihatannya sukses secara lahir. Frasa-frasa itu juga lebih sering berseliweran di media sosial, terutama setelah pandemi.

Di chat WhatsApp, di feed Instagram, di grup Telegram, ada saja yang menjual mimpi tentang pencapaian kemerdekaan finansial tanpa perlu capek-capek bekerja. Semua itu sangat bisa dicapai. Namun, tentu ada proses yang harus dilalui: belajar.

Jika seseorang memilih bermain saham, misalnya, untuk mencapai kemerdekaan finansial, tentu ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Tidak bisa asal. ”Sejak pandemi ini, banyak teman yang post di story WhatsApp atau Instagram tentang portofolio sahamnya yang hijau-hijau. Waktu pasar bearish (tren melemah), enggak ada lagi yang post di story.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c14/git




Close Ads