alexametrics

Mengenal Brigadir Budiman, Anggota Polda Jatim yang Peduli pada ODGJ

15 September 2021, 07:48:39 WIB

Di sela kesibukannya sebagai anggota Polri, Brigadir Budiman meluangkan waktu untuk membantu ODGJ. Belakangan dia merekam kegiatannya. Beberapa ODGJ akhirnya ditemukan keluarga dari konten YouTube Dhulur Budiman.

LUGAS WICAKSONO, Surabaya

BRIGADIR Budiman sejak lama memiliki rasa empati terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Jatim II Ditlantas Polda Jatim itu memulainya dari hal terkecil. Yakni, dengan memberikan makanan kepada ODGJ yang ditemuinya di jalan.

”Setiap bawa makanan dinas, saya kasih ke ODGJ,’’ ujar Budiman.

Pria 30 tahun itu punya alasan sendiri. Menurut dia, ODGJ kerap luput dari kepedulian orang lain. Padahal, mereka juga manusia yang berhak mendapat kasih sayang dari sesama. ’’Orang yang tidak pernah diperhatikan orang lain. Orang mendekat saja pasti takut. Apalagi kasih makan,’’ katanya.

Budiman juga sebenarnya tidak mudah untuk mendekati ODGJ. Banyak yang berontak hingga lari ketika akan dipotong rambut maupun dimandikan. Dia punya pendekatan. Kuncinya ikhlas, sabar, dan rasa kasih sayang dalam merawat ODGJ. Mereka yang awalnya berontak akhirnya menurut apabila sudah saling mengenal.

Di sela menjalankan profesinya, pria asal Tuban yang sudah lama menetap di Surabaya itu kerap berkeliling untuk mencari ODGJ yang akan dirawatnya.

Saat tidak sedang berdinas, dia berkeliling dari kota ke kota di Jawa Timur bersama istrinya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads