alexametrics

Melihat Aksi Tim Buser Kecamatan Sawahan Percepat Vaksinasi Covid-19

13 Juni 2021, 07:48:34 WIB

Program vaksinasi di Kota Pahlawan berjalan sejak awal tahun. Namun, bukan hal mudah mengajak warga mengikuti imunisasi. Ada saja alasan untuk menghindar. Kecamatan Sawahan punya tim buser agar warga bersedia mengikuti suntik vaksin.

ARISKI PRASETYO, Surabaya

HARI telah beranjak senja. Pegawai kantor pun bersiap kembali ke rumah. Jam kerja telah purna. Esok mereka kembali ke tempat kerja untuk memberikan pelayanan.

Pemandangan berbeda terlihat di Kecamatan Sawahan. Saat mayoritas pekerja pulang, sejumlah petugas justru tengah bersiap. Mereka hendak memberikan pelayanan ’’tambahan.”

Sebanyak 20 orang berbaris rapi di halaman depan kantor kecamatan. Tim itu mengenakan pakaian dengan beragam corak. Ada yang doreng, ada yang cokelat, serta baju lengan panjang.

Selang beberapa menit, barisan itu disiapkan. Mereka menggelar apel sore. Pemimpin kegiatan maju ke depan barisan. Camat Sawahan M. Yunus menyampaikan pengarahan.

Yunus menjelaskan tujuan apel tersebut. Targetnya hanya satu. Tidak muluk-muluk. Yaitu, mengajak warga di Sawahan yang belum vaksin untuk mengikuti imunisasi. ’’Ayo kita bahu-membahu menuntaskan vaksinasi,’’ paparnya.

Kegiatan berlanjut. Setiap anggota tim mendapatkan tambahan fasilitas. Yaitu, sebuah rompi oranye. Satu per satu petugas mendapatkan rompi itu. Setelah dikenakan, petugas bergegas turun menyisir warga yang belum bersedia divaksin.

Sebanyak 20 orang itu bukan sembarang petugas. Tim tersebut gabungan dari sejumlah instansi. Mulai pegawai kecamatan, tenaga kesehatan (nakes) puskesmas, TNI, hingga Polri.

Nama tim itu cukup unik. Yakni, buser. Mirip-mirip anggota pada korps Tribrata. Yaitu, tim buru sergap. Kesan ganas seketika menyeruak.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads