alexametrics

Dispendik Surabaya Rancang Talent Academy

Agar Minat dan Bakat Siswa Mendapatkan Tempat
13 Mei 2021, 07:48:24 WIB

Tugas sekolah sejatinya tidak sekadar membimbing siswa untuk belajar. Lembaga pendidikan itu turut berperan sebagai wadah pengembangan bakat pelajar. Dinas pendidikan (dispendik) membuat inovasi untuk menampung minat murid tersebut dengan menggelar talent academy.

ARISKI PRASETYO, Surabaya

LANTUNAN salam menjadi kalimat mukadimah yang disampaikan Nafisa A. Pua Geno. Siswi SMP Al Hikmah itu bergegas memperkenalkan diri. Kemudian, dia membuka acara. ’’Selamat datang pada gelar kreativitas siswa Al Hikmah dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional,’’ ucapnya.

Nafisa terlihat sangat tenang. Tidak tampak raut gugup. Seolah panggung itu miliknya. Pembawa acara tersebut mampu menguasai kondisi.

Acara berlanjut. Nafisa menyampaikan rangkaian kegiatan. Setelah pembukaan, disusul beberapa sambutan. Disambung acara inti, yaitu pameran karya pelajar.

Ada dua inovasi yang ditampilkan. Nafisa menjelaskan satu per satu. Pertama, karya siswa videografi. Mereka membuat film tentang bahaya narkoba. ’’Pesan yang disampaikan mak jleb,’’ ucap Nafisa. Terobosan kedua dirancang OSIS SMP Al Hikmah. Yaitu, alat pendeteksi gempa.

Nafilah menjelaskan, temuan itu mendapatkan banyak apresiasi. ’’SMP Al Hikmah mendapatkan penghargaan,’’ paparnya.

Pada akhir acara, Nafisa tidak lupa memberikan pesan. Kalimat penyemangat bagi seluruh siswa. Yaitu, pandemi bukan alasan untuk kita berhenti. Saatnya berdamai dengan kenyataan. Saatnya kita berkreasi dan terus berprestasi pada masa pandemi.

Di SMPN 1, Aulia Utami Devi membuka acara akbar. Yaitu, Spensa Art Festival. Kegiatan itu merupakan puncak kreativitas seluruh pelajar di sekolah tersebut.

Aulia tampak percaya diri. Selepas menyampaikan salam, siswi kelas 7H itu menyapa pelajar lain. ’’Halo selamat pagi semua. Aduh kayaknya kok lemes semua ya. Kurang kenceng suaranya,’’ paparnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads