alexametrics
Sehari Jelang Pelantikan Khofifah-Emil

Terkenang Baju Khusus yang Dulu Dipesankan Suami

13 Februari 2019, 10:33:56 WIB

Khofifah Indar Parawansa memilih berziarah ke makam keluarga sebelum bertolak ke Jakarta tadi malam. Sedangkan Emil Elestianto Dardak, sang wakil, belum kepikiran kapan pindah ke rumah dinas.

ARIS IMAM M.-THORIQ S.K., Surabaya

Infografis Janji Kerja Khofifah-Emil.
Infografis Janji Kerja Khofifah-Emil. (Kokoh Praba Wardani/ JawaPos.com)

MENGENAKAN baju terusan hitam dipadu jilbab berwarna biru, Khofifah Indar Parawansa memasuki kompleks pemakaman umum Wonocolo, Surabaya, tadi malam (12/1).

Ikut bersamanya kedua putra, Yusuf Managgali dan Ali Managgali, serta sejumlah kolega.

Di sana Khofifah dan rombongan menuju deretan makam keluarga. Mulai sang suami (almarhum) Indar Parawansa, kedua orang tua, hingga sang kakek-nenek. Setelah selesai melakukan prosesi tabur bunga, dia dan rombongan lantas membaca Yasin, tahlil, dan doa.

Sehari menjelang dilantik sebagai gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 hari ini di Istana Negara, Jakarta, Khofifah melakukan serangkaian persiapan. Ziarah ke makam keluarga itu salah satunya.

Agenda ziarah tersebut sengaja dilangsungkan Khofifah menjelang keberangkatannya ke Jakarta tadi malam. Sebab, merekalah, para sosok yang dimakamkan di sana, yang turut memberikan andil besar dalam perjalanan hidupnya.

“Doa untuk suami, bapak-ibu, dan kakek-nenek yang mengasuh saya sejak kecil. Beliau pula yang menghibahkan tanah yang sebagian saya gunakan sebagai rumah tinggal,” ungkapnya.

Dalam momen itu, Khofifah juga mengenang besarnya perhatian almarhum suaminya. Dia mengaku memiliki sebuah momen yang tak bisa terlupakan. “Ketika saya didatangi teman-teman suami saya yang membuatkan baju khusus (saat masa kampanye pilgub 2018, Red),” katanya.

Mereka bercerita pernah mendapat pesan dari (almarhum) Indar Parawansa untuk membuatkan baju khusus bagi Khofifah pada 2013. Yakni saat mantan menteri sosial tersebut tengah menjalani sidang gugatan pilgub di Mahkamah Konstitusi (MK) kala itu.

Dalam sidang tersebut, gugatan Khofifah akhirnya ditolak MK. Meski demikian, sang suami tetap meminta baju itu dibuatkan. “Ternyata rekan-rekan suami saya bilang baju itu dipakai untuk pelantikan saya. Mereka menyampaikan insya Allah saya menang,” kenang Khofifah.

Bagi ketua umum Muslimat NU tersebut, momen itu menjadi sebuah dukungan yang luar biasa saat menjalani seluruh tahapan pilgub 2018. Yang akhirnya menjadikan dirinya dan sang pendamping, Emil Elestianto Dardak, sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim lima tahun mendatang. “Karena itu, saya berterima kasih atas support semua. Mohon doa restunya, insya Allah, jika bersama-sama, seluruh energi kita bisa dimaksimalkan untuk membawa kebaikan bagi Jatim,” tuturnya.

Setelah berziarah ke makam keluarga, tadi malam Khofifah bersama famili dan sejumlah kolega langsung berangkat ke Jakarta. Prosesi pelantikan yang rencananya dipimpin Presiden Joko Widodo itu dijadwalkan berlangsung pukul 15.00 nanti.

Sementara itu, Emil kemarin juga bertolak ke Jakarta. Dia mengaku tak banyak memikirkan persiapan jelang menjalani aktivitas barunya sebagai wakil gubernur Jatim. Terutama soal kepindahannya dari Trenggalek, tempatnya menjabat bupati selama ini.

Soal urusan boyongan misalnya. Yang dilakukannya sebatas membawa keperluan penting dari rumah dinas bupati Trenggalek ke Surabaya. Emil juga mengaku belum kepikiran kapan masuk rumah dinas. Untuk saat ini dia tetap tinggal di rumah kontrakannya di Surabaya. “Saya tetanggaan dengan rumah Bu Khofifah,” katanya.

Rumah itu dikontrak Emil sejak maju pada pencalonan wakil gubernur. Emil sering berada di Surabaya. Dia juga harus sering berkoordinasi dengan Khofifah. “Pokoknya fokus pada kerja dulu,” ujar Arumi Bachsin, istri Emil, saat mendampingi sang suami di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin malam lalu.

Urusan persiapan pelantikan sudah disiapkan jauh-jauh hari. Mulai persiapan baju hingga kebutuhan lain. Selain itu, yang juga diselesaikan Emil adalah menuntaskan seluruh tugasnya sebagai bupati Trenggalek. 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (*/c9/ttg)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Terkenang Baju Khusus yang Dulu Dipesankan Suami