JawaPos Radar

Derita Karmina Nenek 90 Tahun yang Tinggal di Atas WC

Belum Ada Perhatian Pemerintah

13/02/2018, 09:45 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Nenek Karmina
Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Irfansyah Panjaitan saat meninjau nenek Karmina, 90, yang tinggal di atas WC, Minggu (11/2). (kur)
Share this image

JawaPos.com - Hampir 5 bulan nenek Karmina, 90, hidup di atas toilet berukuran 2x1 meter di Perkampungan Nelayan Kapuran, Kelurahan Pasarmadang, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Nenek Karmina terpaksa tinggal di tempat yang sempit dan pengap tersebut lantaran kondisi ekonominya yang tidak memungkinkan untuk menyewa kontrakan.

Di dalam toilet yang tidak terpakai tersebut, Karmina menyulapnya menjadi sebuah kamar kecil untuk beristirahat. Ia hanya tidur beralaskan selembar tikar yang ia taruh papan kayu yang dipasang di atas WC. Sesekali ia keluar untuk sekedar mencari udara segar.

Nenek Karmina hidup sebatang kara di dalam toilet tersebut. Sejak sepeninggalan suaminya, hidup Karmina kian sulit. Anaknya juga sudah lama tidak pulang ke rumah untuk menengok Karmina. Ia mengaku tidak memiliki uang untuk menyewa kontrakan. “Nggak punya duit, makan aja dikasih orang,” terangnya.

Menurut penuturan tetangganya, Rasiti, 45, Karmina terpaksa tinggal di toilet tidak terpakai tersebut lantaran rumah yang ia tinggali roboh diterjang ombak pasang. “Sejak rumahnya roboh dan ditinggalkan suaminya dia memilih tinggal di wc,” terangnya.

Rasiti mengatakan sebenarnya banyak yang menawarkan nenek Karmina untuk tinggal di rumah warga. “Tapi karena dia bilang gak mau ngerepotin dia pilih tinggal disitu,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selama 5 bulan ini belum ada dari pemerintah yang datang untuk memberi bantuan. “Padahal surat-suratnya udah diminta RT setempat. Katanya mau dapet bantuan tapi sampai sekarang belum ada bantuan apa-apa dari pemerintah,” ujarnya.

Cerita nenek Karmina yang tinggal di toilet ini menjadi bahan pembicaraan sejak Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Irfansyah Panjaitan bersama angota polres lainnya mengunjungi nenek Karmina dan mengunggahnya ke akun Instagram pada Minggu (11/2).

Iptu Irfansyah mengatakan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka Satga Nusantara. Sebelumnya Polres Tanggamus telah menerima informasi dari masyarakat tetang seorang nenek yang tinggal diatas bekas wc umum. "Ke depan Polres Tanggamus akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar nenek Karmina dapat segera dibantu," katanya Senin (12/2) saat dihubungi melalui Whatsapp.

(Mhd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up