alexametrics

Menilik Produksi Podcast Polda Jatim

9 Oktober 2021, 07:48:29 WIB

Polda Jatim belakangan semakin giat membuat video podcast. Bidang humas ditunjuk untuk menggawangi prosesnya. Dalam sepekan, minimal ada satu video yang dibuat. Obrolannya tidak sebatas program dan kinerja polisi, tetapi juga isu terkini.

HASTI EDI SUDRAJAT, Surabaya

LUAS ruangan itu sekitar 15 meter persegi. Desainnya minimalis, tetapi tetap mengedepankan unsur modern. Dindingnya didominasi warna abu-abu dan putih. Lampu-lampu studio tampak di sejumlah sudut.

Di dalamnya terdapat dua meja dengan ukuran berbeda. Masing-masing berisi peralatan untuk memproduksi podcast. Meja besar, misalnya, dilengkapi dengan dua mikrofon gantung bak podcast milik content creator pada umumnya. ”Meja tempat mengobrol,” kata Bripka Liana yang selama ini mengemban peran sebagai host podcast.

Meja lainnya punya fungsi berbeda. Di titik itu, video podcast yang diambil dipantau secara langsung. Mejanya akan selalu dijaga oleh seorang kru ketika perekaman video.

Bidang humas memang total menyiapkan sarana podcast. Sebab, podcast dianggap penting sebagai salah satu sarana mengenalkan tugas polisi kepada masyarakat. ”Video yang direkam tetap akan diedit dulu meskipun pada prosesnya sudah dipantau dengan baik,” ujar Ning Polwan, sapaan Liana, ketika memandu podcast.

Editing dilakukan agar video terlihat maksimal. Baik dari materi yang disajikan maupun masalah teknis seperti pencahayaan. Pasalnya, video yang diproduksi dinilai sebagai cerminan institusi.

Liana dan timnya berjumlah tujuh orang. Mereka biasa membuat video sepekan sekali. Narasumbernya ditentukan bersama. Model pemilihannya disesuaikan dengan kondisi terkini. Baik di kepolisian maupun masyarakat. Video yang diproduksi selanjutnya diunggah di channel YouTube Bidhumas Polda Jatim yang saat ini sudah memiliki sekitar tiga ribu pengikut.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads