JawaPos Radar

Perayaan Tahun Baru Imlek 2018

Ritual Mengantar Dewa Jamaah Klenteng Eng An Kiong

09/02/2018, 18:33 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Perayaan Imlek 2018
ANTAR DEWA: Beberapa jemaah Klenteng Eng An Kiong saat melakukan doa mengantar dewa, Jumat (9/2) (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Beberapa jamaah Klenteng Eng An Kiong Kota Malang terlihat khusyuk berdoa di dalam klenteng, Jumat (9/2). Dengan membawa tiga dupa yang dibawa oleh masing-masing orang, mereka satu per satu menuju beberapa ruangan khusus untuk berdoa. 

Ya, mereka sedang melakukan kegiatan ibadah yang biasa disebut mengantar para dewa. "Nganter para dewa kembali ke angkasa karena sudah melindungi selama setahun ini," ujar Wakil Ketua Yayasan Klenteng Eng An Edy Ghozaly saat ditemui JawaPos.com di sela-sela kegiatan, Jumat (9/2).

Dia menerangkan, kegiatan ini merupakan serangkaian acara yang dilakukan dalam menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 16 Februari mendatang. "Hari ini setahun, nanti tanggal 19 (Februari) terima kembali (mengundang dewa kembali ke klenteng)," jelasnya.

Edy menyampaikan, ada beberapa rangkaian yang dilakukan selama perayaan Imlek ini. Antara lain berdoa untuk mengantar roh para dewa, penyucian patung, seni pertunjukan wayang potehi, hingga gelaran Cap Go Meh.

Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan mulai Jumat (9/2) hingga tanggal 19 Februari mendatang. Pencucian patung sendiri akan dilakukan besok, Sabtu (10/2).

Sementara itu, pada saat doa mengantar dewa tersebut, jemaah berdoa di beberapa titik di dalam klenteng. Setidaknya ada sekitar 20 titik yang dituju. "Setiap titik berdoa selama kurang lebih 10 menit," kata dia.

Edy menyampaikan, pada Imlek tahun ini pihaknya berharap bisa menjadi tahun yang lebih damai, aman, dan terhindar dari bencana. "Apalagi ada Pilkada. Semoga damai dan aman," tandasnya

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up