alexametrics

Mengintip Kunci Alvaro Vincent Wijaya Taklukkan Banyak Bidang Lomba

8 Oktober 2021, 07:48:20 WIB

Alvaro baru saja menyabet peringkat pertama Mental Math se-Asia. Dia berhasil menjawab 100 soal dengan benar hanya dalam waktu 12 menit. Prestasinya juga tak melulu soal matematika. Kuncinya tidak hanya terletak pada latihan materi, tapi juga fokus pada diri.

RETNO DYAH AGUSTINA, Surabaya

KALAU dihitung-hitung, 12 menit itu sama dengan 720 detik. Kalau dibagi lagi dengan 100 soal, berarti Alvaro bisa menaklukkan satu soal dengan rata-rata waktu 0,72 detik. Alias tak sampai 1 detik. Bayangkan menghitung 23 dikali 18 ditambah 73, berapa detik yang Anda butuhkan?

”Kuncinya memang harus fokus sih. Tantangan utamanya di situ,” ucap remaja 15 tahun itu.

Dalam pertandingan matematika yang diikuti 12 negara Asia tersebut, Alvaro punya kesempatan tiga kali untuk menyelesaikan sebanyak-banyaknya soal. Di babak penyisihan, Alvaro hanya berhasil menduduki peringkat ke-52 se-Asia. Namun, peringkat pertama disabet seusai menjalani pertandingan di final.

Kunci meraih fokus ala Alvaro adalah rutin melakukan meditasi. Alvaro selalu meluangkan waktunya untuk meditasi, minimal 30 menit sehari. Jika terlalu pendek, masih banyak hal lain yang mengganggu pikiran. Alias gagal menyelami fase meditasi itu sendiri. Waktu minimal 30 menit bisa membantu Alvaro menyelami alam bawah sadar dan melatih fokusnya. Makin dekat dengan kompetisi atau ujian, durasi meditasinya diperpanjang.

Ada banyak tingkatan meditasi yang bisa dilakukan. ”Ada 40 cara sih, tapi yang paling simpel itu meditasi dengan fokus pada pernapasan,” ucap siswa Sekolah Ciputra tersebut.

Alvaro mencontohkan salah satu meditasi yang dia lakukan, yaitu samatha bhavana. Meditasi tingkat awal yang digunakan untuk mencapai ketenangan jasmani dan batin lewat pemusatan pikiran pada satu objek. Alvaro memilih pernapasan sebagai objek fokusnya.

’’Jadi, setiap tarikan napas, embusan napas. Itu yang jadi perhatian kita. Nggak boleh ada hal lain di pikiran,” ucapnya.

Alvaro memang dilatih sang ibu untuk bermeditasi sejak usia 7 tahun. Dia juga cukup sering mengikuti sekolah Minggu Buddha yang melatih meditasi. Kebiasaan itu yang menurut Alvaro mengantarkan dirinya bisa menjajal banyak bidang, bahkan hingga menyabet prestasi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads