alexametrics

Cara Sheyreen Mencintai Lingkungan, Sebar Ribuan Bibit dan Ajari Tanam

8 April 2021, 07:48:45 WIB

Pagebluk korona tak menghentikan kegiatan pelestarian lingkungan Sheyreen Callista Navila. Justru sebaliknya, Sheyreen gencar memberikan edukasi dan melatih masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang asri serta mengolah tanaman menjadi produk bernilai jual tinggi.

SEPTIAN NUR HADI, Surabaya

MINGGU pagi (4/4) Sheyreen tampak sibuk di halaman rumahnya di Jalan Teluk Sampit, Pabean Cantian. Ratusan botol plastik bekas dikeluarkan dari karung dan berserakan di hadapannya. Sheyreen lalu menggunting ujung botol itu dan mengubahnya menjadi pot. Kemudian secara bergantian, Sheyreen mengisi pot tersebut dengan pupuk dan tanaman katuk. Sheyreen terlihat cekatan dalam bercocok tanam dan mengolah barang bekas.

Kurang dari 30 menit, puluhan katuk berhasil ditanam. Dia lantas meletakkannya di setiap sudut halaman rumah.

Sheyreen menjelaskan, ratusan botol plastik bekas itu tidak didapatkan seorang diri. Agar terkumpul cepat dalam jumlah banyak, Sheyreen bekerja sama dengan para pemulung. Gadis 13 tahun itu meminta mereka untuk menjual botol plastik kepadanya. Tidak ke pengepul.

Sebagai daya tarik, Sheyreen berani membeli dengan harga lebih tinggi dari yang ditawarkan pengepul. Dengan begitu, Sheyreen juga membantu perekonomian mereka.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git




Close Ads