Inovasi Pelayanan di Kejari Surabaya

Barang Bukti Sepeda Motor Bisa Dicuci dan Diservis Gratis

6 Desember 2022, 07:48:59 WIB

Kejari Surabaya memiliki beragam inovasi yang memudahkan masyarakat pencari keadilan. Mulai pengantaran barang bukti, pembayaran denda tilang, hingga layanan khusus bagi penyandang disabilitas. Berbagai inovasi tersebut membuat kejari di wilayah Kecamatan Sukomanunggal itu meraih gelar terbaik dalam bidang kinerja pelayanan publik.

LUGAS WICAKSONO, Surabaya

PEMILIK barang bukti kini tidak perlu lagi wira-wiri ke kantor Kejari Surabaya untuk mengambil barang bukti. Mereka hanya datang satu kali untuk mengurus pe_ngembalian. Barang bukti bakal diantar petugas ke alamat pemilik barang.

’’Cukup datang ke loket pelayanan barang bukti dengan membawa putusan pengadilan dan identitas yang masih berlaku,’’ ujar Kepala Kejari Surabaya Danang Suryo Wibowo pada Jumat (2/12).

Petugas kejaksaan selanjutnya mendata dan menginformasikan kepada pemohon tentang estimasi pengiriman barang bukti. Khusus barang bukti sepeda motor, pemilik dapat menggunakan layanan servis ringan tanpa biaya.

’’Inovasi kami, pelayanan cukup 15 menit antar barang bukti ke alamat pemilik. Juga, ada servis dan cuci kendaraan barang bukti gratis,’’ kata Danang yang asli kelahiran Surabaya.

Pria 46 tahun itu juga membuat inovasi baru di bidang pelayanan tilang. Sejak tilang manual ditiadakan Polri, tidak ada barang bukti tilang berupa surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang dititipkan ke Kejari Surabaya.

Pelanggar lalu lintas hanya cukup membayar denda tilang melalui sarana yang telah disediakan. Bahkan, pelanggar tidak perlu datang ke kantor kejari untuk membayar denda tilang.

Pembayaran tilang elektronik (ETLE) cukup dari rumah saja. Pelanggar dapat mengakses website tilang.kejaksaan.go.id yang telah bekerja sama dengan 108 bank.

’’Dapat dibayar melalui transfer (dari mesin ATM) dan m-banking. Termasuk berbagai kanal pembayaran dompet digital dan e-commerce untuk mempermudah pembayaran denda tilang,’’ tutur Danang yang menamatkan studi S-2 di University of Groningen, Belanda.

Pelanggar tilang yang gagap teknologi juga tidak perlu khawatir. Mereka bisa datang ke Kantor Kejari Surabaya di Jalan Raya Sukomanunggal Jaya No 1 untuk dibantu pembayarannya. Kejari Surabaya menyediakan teller dari BRI di gedung pelayanan tilang. Pembayaran juga tidak perlu waktu lama.

’’Hanya membutuhkan waktu 1 menit. Ditunjang dengan ruangan yang nyaman, mesin antrean elektronik, pojok baca, serta snack gratis,’’ ungkap Danang yang dulu pernah menjabat Kasidatun dan Kasipidsus Kejari Surabaya.

Selain itu, penyandang disabilitas tidak perlu khawatir saat berkunjung ke kantor Kejari Surabaya untuk mengurus keperluannya. Pihak kejari telah membuat berbagai inovasi untuk mempermudah para difabel yang datang ke kantornya. Di halaman kantor kejari, mereka menyediakan parkir tamu berkebutuhan khusus.

Toilet untuk penyandang disabilitas juga dilengkapi panic button. Jika membutuhkan bantuan, mereka bisa memencet tombol itu. Petugas pun segera datang untuk memberikan bantuan.

’’Kami juga menyediakan loket tamu berkebutuhan khusus. Dilengkapi dengan petugas khusus disabilitas menggunakan bahasa isyarat,’’ kata Danang.

Berbagai inovasi itu pun mengantarkan Kejari Surabaya meraih predikat terbaik bidang kinerja pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) 2021. Raihan prestasi itu diumumkan pada Maret 2022.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/may

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads