alexametrics
Polisi-Polisi yang Menginspirasi (2-Habis)

Di Lereng Menoreh, Aipda Suranto Gunakan Kopi Cegah Kerawanan

6 April 2021, 16:42:58 WIB

Aipda Suranto mengajak warga mengolah kopi dan salak serta memanfaatkan potensi wisata efek jalan tembus ke bandara baru Jogjakarta. ”Menjadi polisi itu amanah dan harus dipertanggungjawabkan,” katanya.

ILHAM WANCOKO, Jakarta, Jawa Pos

PANDEMI Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Pengangguran, yang bisa berbuntut pada tingginya tingkat kerawanan sosial, mulai merayap masuk ke pedesaan. Termasuk ke Purwosari, desa nun di lereng Bukit Menoreh di Kulon Progo, Jogjakarta. Gejala itu pun ditangkap anggota bhabinkamtibmas (Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) Polsek Girimulyo Aipda Suranto.

Apalagi, keluhan terus berdatangan sejak pandemi mendera setahun lalu.

Mulai orang tua yang sambat anaknya menganggur sampai warga yang mengeluhkan banyaknya pemuda yang nongkrong. Dari sanalah, dimulai langkah untuk menemukan solusi atas masalah ekonomi yang membelit. Dengan prinsip: harus sejalan dengan potensi yang dimiliki desa. Aipda Suranto bersama kepala desa setempat dan babinsa (bintara pembina desa) Koramil Girimulyo pun mulai membicarakannya. Akhirnya, ditemukan jalan: kopi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c14/ttg




Close Ads