alexametrics

Liku-Liku Hidup Alvin Lim, Pendiri LQ Lawfirm

5 Mei 2022, 07:48:46 WIB

LQ Lawfirm belum lama ini membuka cabang di Kota Pahlawan. Siapa sangka, Alvin Lim, pendiri kantor pengacara itu, punya cerita hidup yang tidak biasa.

HASTI EDI SUDRAJAT, Surabaya

INGATAN Alvin melayang ke tahun 1997. Kira-kira sekitar enam bulan setelah dia menempuh pendidikan jurusan ekonomi di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat. Kabar mengejutkan datang dari sang ayah yang tinggal di Indonesia. Dia mengaku sudah tidak bisa membiayai kuliahnya. Sebab, perusahaan yang dikelola harus gulung tikar imbas dari krisis ekonomi.

Alvin bingung. Terlebih, dia juga tidak bisa pulang ke Indonesia. Uang pegangan yang selama ini berasal dari kiriman ayahnya hanya cukup untuk kebutuhan selama beberapa hari ke depan. ’’Usaha papa hancur. Nggak bisa kirim uang lagi, sekalipun untuk pulang,” katanya kepada Jawa Pos.

Tidak hanya harus berhenti kuliah karena tidak ada biaya setelahnya. Alvin juga terpaksa angkat kaki dari asrama mahasiswa yang ditinggali lantaran tidak bisa membayar.

’’Di sana sendirian. Nggak ada keluarga sama sekali,” ungkapnya.

Alvin sebelumnya tidak pernah berpikir bisa bersekolah di Amerika Serikat. Keluarganya berantakan. Orang tuanya bercerai sejak dia masih bayi. ’’Ikut mama, tetapi cuma sampai sekolah dasar,” terangnya.

Dia kemudian mencari ayahnya yang tidak pernah dikenal sejak kecil. Belakangan, dia tahu sang ayah adalah pemilik sejumlah bank swasta di Jakarta. Alvin diminta kuliah setelah pertemuan itu. Dia dikirim ke Amerika Serikat. Dengan harapan, setelah lulus dia bisa bekerja di bank milik ayahnya.

Namun, takdir berkata lain. Alvin justru terombang-ambing di perantauan setelah terjadi krisis moneter.

Alvin kemudian menetap di tempat penampungan gelandangan. Uang simpanan dihemat sedemikian rupa. Dia menjatah satu kaleng sarden untuk lauk makan. ’’Biar mendapat penghasilan, saya mencari kerja,” tuturnya. Alvin sampai bekerja di tiga tempat sekaligus agar ekonominya tertata.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads