alexametrics

Sembilan Tahun Menunggu, Khofifah Berangkat Haji Bersama Putrinya

4 Juli 2022, 11:48:50 WIB

Minggu (3/7) Gubernur Khofifah Indar Parawansa bertolak ke Tanah Suci. Menjalankan ibadah haji bersama putrinya, Fatimah Sang Mannagali Parawansa. Serangkaian kegiatan dijalaninya sebelum keberangkatan.

EKO HENDRI SAIFUL, Surabaya

SUASANA penuh haru terlihat di rumah dinas gubernur Jawa Timur (Jatim) pada Jumat (1/7) malam lalu. Dengan telaten, Khofifah menyalami satu per satu tamu yang hadir pada acara walimatus safar itu.

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan menjelang keberangkatan sang gubernur ke Tanah Suci. Selain mohon doa restu kepada para pejabat dan pegawai Pemprov Jatim yang hadir, lewat momen itu pula Khofifah izin cuti sementara dari tugasnya.

”Tidak ada sesuatu yang menjadi longgar saat saya izin menjalankan ibadah. Sebab, roda pemerintahan merupakan tugas bersama,” pesan Khofifah.

Perjuangan Khofifah untuk bisa menunaikan ibadah haji kali ini memang tidak mudah. Salah satunya, dia harus menunggu cukup lama agar bisa kembali ke Tanah Suci, menjalankan rukun Islam kelima itu.

Sembilan tahun lalu, tepatnya pada tahun 2013, sang suami, almarhum Indar Parawansa, mendaftarkan diri berhaji bersama Khofifah ke salah satu biro penyelenggaraan haji. Namun, takdir berkata lain. Indar Parawansa dipanggil Sang Khalik.

Sang putri, Fatimah Sang Mannagali Parawansa, akhirnya menggantikan Indar Parawansa untuk menunaikan ibadah haji bersama sang ibu. Setelah sembilan tahun menunggu, akhirnya keduanya berangkat ke Tanah Suci.

Selain itu, keberangkatan haji kali ini berlangsung di tengah kesibukan Khofifah yang memegang amanah untuk memimpin Jatim. Tak heran, menjelang keberangkatan, berbagai kegiatan masih tetap dilakoninya.

Bahkan, menjelang keberangkatannya, Khofifah mewanti-wanti agar seluruh pegawai di pemprov tetap maksimal meski dirinya berhaji. ”Seluruh pegawai tetap melayani masyarakat secara maksimal. Semua harus berjalan prima,” tuturnya dalam walimatus safar itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c9/ris

Saksikan video menarik berikut ini: