alexametrics

Bila Warga Binaan Blok W Lapas Kelas II-A Sidoarjo Fashion Show

4 Mei 2021, 07:48:18 WIB

Warga binaan Lapas Kelas II-A Sidoarjo tidak hanya rebahan di dalam tahanan. Mereka juga aktif mengikuti beragam kegiatan. Para tahanan dan narapidana (napi) blok wanita (W) pun bersemangat menjadi peserta lomba peragaan busana.

MAYA A., Sidoarjo

RABU sore (28/4) puluhan perempuan berkumpul di lorong kantor Lapas Kelas II-A Sidoarjo. Mereka adalah warga binaan di lapas tengah kota tersebut. Dandanan para tahanan dan napi tidak seperti kebiasaan sehari-hari.

Mereka tidak memakai kaus bertulisan WBP (warga binaan pemasyarakatan) yang biasa dikenakan di dalam bui. Puluhan penghuni blok W tersebut berdandan rapi. Mengenakan baju terbaik yang dimiliki. Wajah mereka dipoles make-up plus gincu yang menanggalkan kesan lugu.

Para perempuan beragam usia itu tengah menunggu momen tampil dalam perlombaan fashion show. Saat itu, ada yang menampakkan wajah cemas. Sebagian lagi saling menguatkan dengan berpegangan tangan. Ada juga yang tampak tenang dan siap melenggang di halaman tempat lomba peragaan busana digelar.

Saat pembawa acara meminta peserta masuk area lomba, para perempuan yang berdandan ’’spesial’’ itu tak langsung bergegas. Mereka berebut barisan paling belakang. Hingga akhirnya mereka diminta masuk ke arena perlombaan sesuai nomor urut.

Dini Rijanti, salah seorang peserta yang terlihat percaya diri. Mengenakan baju batik, dia tampak menarik. Aksesori kalung eksentrik yang dikenakan menambah poin plus penampilannya. Juga penutup kepala yang berbeda dari peserta lainnya. ’’Pokoknya, saya berusaha tampil sesuai tema Ramadan. Pakaian tertutup yang sopan,’’ ujar Dini.

Untuk berpenampilan seperti itu, Dini harus melibatkan keluarga. Dia menghubungi keluarga untuk mengirim pakaian yang akan digunakan dalam lomba.

Sebab, selama di tahanan, perempuan 52 tahun itu hanya memakai kaus dan celana. Tidak membawa pakaian formal. Apalagi baju untuk tampil dalam perlombaan di dalam bui.

’’Persiapannya sangat mendadak. H-2 perlombaan, kami baru mendapat informasi pasti,’’ ucap ibu seorang anak itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads