alexametrics

Pasien Lebih Cepat Pulih, Hanya Butuh Buka 7 Cm Tulang Dada

2 Juni 2021, 07:48:10 WIB

Tim bedah jantung Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT) RSUD dr Soetomo berhasil menerapkan metode minimal insisi untuk penggantian katup aorta jantung. Cara itu diklaim lebih minim risiko dan tingkat kesembuhan lebih cepat. Hanya butuh membuka 7 cm tulang dada.

GALIH ADI PRASETYO, Surabaya

BEKAS jahitan sepanjang 7 sentimeter di dada Muh. Roifudin Zuhri mulai mengering. Bangun dari tempat tidur dan berjalan sudah mampu dia lakukan. Pemulihan pascaoperasi penggantian katup aorta yang dilakoni pemuda 21 tahun itu berlangsung cepat.

Roif merupakan pasien yang mengalami masalah pada jantungnya. Pria asal Nganjuk itu tiba-tiba saja merasakan jantung yang berdebar kencang. Keringat mengucur dan badan lemas.

”Karena kondisinya tidak biasa, langsung periksa ke dokter umum. Lalu, diminta untuk periksa di rumah sakit,’’ terangnya.

Masalahnya pun ketemu. Ada kelainan pada jantung Roif. Salah satu daun pada katup aorta tidak normal. Proses jantung untuk memompa darah tidak sempurna. Akibatnya, terjadi pembengkakan jantung.

Padahal, aorta merupakan pembuluh darah yang nemiliki fungsi vital. Yakni, mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Dia akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soetomo. Selasa (25/5), Roif dengan didampingi ibu dan kakaknya tiba di sana. Segala pemeriksaan untuk tindakan selanjutnya dilakukan. Yakni, operasi penggantian katup aorta miliknya.

Saat itu tim dokter menawarkan minimally invasive aortic valve replacement. Cara tersebut memiliki banyak kelebihan. Baik saat operasi maupun pascaoperasi.

”Dibilang sama dokter bahwa metode ini lukanya lebih kecil. Adik saya tidak perlu lama-lama dirawat. Bisa segera pulih,’’ tambah Andik Lukmana, kakak Roif.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads