alexametrics

Tim Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan Propedi untuk Bantu Petani

1 September 2021, 07:48:32 WIB

Kuliah kerja nyata (KKN) dengan konsep back to village terus dikembangkan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Mahasiswa pun berlomba-lomba menciptakan inovasi untuk solusi masalah masyarakat desa. Salah satunya, propedi (prototipe pengendali hama padi berbasis internet of things).

SEPTINDA AYU PRAMITASARI, Surabaya

PROTOTIPE pengendali hama padi (propedi) berbasis internet of things (IoT) dipamerkan di halaman Gedung At Tauhid Tower Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya kemarin (30/8).

Alat tersebut mencuri perhatian Wakil Rektor UM Surabaya Dr Ridlwan ketika meninjau pameran inovasi itu.

Suara khas pengusir burung dan hama tikus yang kerap terdengar di sawah begitu nyaring. Sumbernya dari alat pengendali hama yang dioperasikan Abdul Muis dan Mizan Nurul Muksid, perwakilan tim inovator propedi melalui smartphone.

’’Ini adalah prototipe pengendali hama padi berbasis internet of things (IoT). Jadi, bisa dikendalikan dari jarak jauh hanya dengan smartphone,” kata Muis.

Alat tersebut sekilas mirip robot sederhana. Tingginya hampir 2 meter. Bagian atas dilengkapi solar cell sebagai sumber energi utama dari cahaya matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.

Kemudian, energi listrik itu diteruskan ke tiga komponen yang menjadi fungsi unggulan prototipe tersebut.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads