alexametrics

Kelurahan hingga Warga di Surabaya Siapkan Ruang Karantina Pemudik

1 Mei 2021, 07:48:14 WIB

Instruksi larangan mudik sudah dilayangkan. Namun, persiapannya tidak sekadar memberikan pengumuman dan imbauan. Kelurahan hingga RW pun bersiap-siap menyediakan tempat karantina untuk pendatang yang nekat berkunjung.

GALIH ADI PRASETYO, Surabaya

TIAP ruangan di Puskesmas Pembantu Semolowaru, Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, dicek. Tiap bagian harus memiliki fasilitas yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat singgah. Termasuk ketersediaan kamar mandi dan ventilasinya.

Sepekan terakhir Kelurahan Semolowaru memang disibukkan dengan hal itu. Menyiapkan tempat yang sewaktu-waktu bisa difungsikan sebagai lokasi karantina bagi para pemudik yang masuk Surabaya saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Berbagai opsi disiapkan. Salah satunya memanfaatkan puskesmas pembantu.

Lokasinya berada di kompleks kelurahan. Tempatnya luas. Ada delapan bilik yang bisa dimanfaatkan.

Lurah Semolowaru Suwarti mengatakan, tidak semua ruangan bakal dimanfaatkan. Hanya yang layak dan nyaman untuk disinggahi. ’’Kami cek dulu semuanya, apakah sudah ada tempat tidur dan lain-lain di sana,’’ terangnya.

Dari jumlah itu, tiga ruangan akhirnya dipilih sebagai tempat untuk karantina. Yakni, ruang pengobatan tradisional, ruang periksa ibu dan anak, serta ruang periksa umum.

Ada tempat tidur yang bisa dipakai. Cukup nyaman untuk sejenak beristirahat. Jarak setiap ruangan juga terpisah. Plus kamar mandinya cukup.

Suwarti mengatakan, pemilihan tempat karantina memang tidak bisa sembarangan. Banyak pertimbangan yang menjadikan ruangan itu bisa dimanfaatkan untuk tempat isolasi. Misalnya, luas ruangan dan ventilasi yang tersedia.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads