JawaPos Radar | Iklan Jitu

Formula 1 2018

Raikkonen Menang, Hamilton Tunda Pesta Juara

22 Oktober 2018, 05:14:24 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
Formula 1 2018, F1, GP Amerika, Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Fernando Alonso
Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen menang grand prix Amerika Serikat 2018 (Motorsport)
Share this

JawaPos.com - Hasil mengejutkan datang dari Grand Prix Amerika Serikat, Senin (22/10) dini hari WIB. Pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen dengan gemilang berhasil meraih podium pertama di Circuit of the America (COTA).

Pembalap berjuluk Iceman ini mampu membuktikan kehebatannya di hadapan para pesaing. Dia finis terdepan dengan total catatan waktu 1 jam 34 menit 19.000 detik.

Sementara podium kedua direbut Max Verstappen. Pembalap tim Red Bull Racing itu memiliki selisih waktu 1,281 detik. Disusul Lewis Hamilton di podium ketiga dengan selisih waktu 2,342 detik.

Pada perlombaan ini, awalnya Hamilton digadang-gadang akan memenangi balapan dengan mudah. Sebab ia konsisten menorehkan waktu tercepat sejak sesi latihan bebas. Bahkan rival terberatnya, sekaligus pembalap yang berada di posisi kedua klasemen, Sebastian Vettel mengalami kecelakaan di lap pertama yang menyebabkan mobilnya berputar.

Alhasil pembalap asal Jerman tersebut terhempas ke posisi lima. Sedangkan Hamilton dengan bebas langsung menempati posisi terdepan. Namun hal tersebut tidak dibiarkan begitu saja oleh Iceman. Dengan cepat, dia menyalip Hamilton.

Perebutan posisi pertama makin terasa 'panas' saat memasuki lap ke-20. Hamilton mampu menunjukkan kelebihannya di lintasan lurus, tetapi ketika melewati tikungan, dia tidak berdaya.

Hamilton akhirnya dapat meraih posisi pertama ketika Raikkonen memutuskan untuk memasuki pit. Namun Hamilton tidak dapat langsung bernapas lega, sebab Vettel yang sebelumnya terhempas langsung membuntutinya di belakang, diikuti oleh Verstappen.

Di lap ke-38, Hamilton akhirnya memutuskan untuk memasuki pit. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan oleh Raikkonen yang sempat tertinggal. Dengan kecepatannya, dia kembali meraih posisi pertama.

Di sisi lain, Valtteri Bottas mampu merebut posisi ketiga dari Verstappen. Selepas keluar pit, Hamilton langsung tancap gas mendahului para pembalap lainnya.

Akhirnya terjadi duel antara dua pasang pembalap, Hamilton dengan Verstappen dan Vettel dengan Bottas. Sementara Raikkonen yang berada di posisi pertama dengan bebas memacu kendaraannya.

Jarak antara kedua pasang pembalap tersebut semakin melebar. Verstappen dan Hamilton sibuk saling berduel untuk memperebutkan posisi kedua, sedangkan Vettel dan Bottas bersaing memperebutkan posisi keempat.

Di lap ke-54 Hamilton mampu memperlihatkan kemampuannya dengan menyalip Verstappen. Namun sayangnya seketika itu juga dia melakukan kesalahan karena keluar jalur. Verstappen akhirnya memanfaatkan kesempatan yang ada dengan kembali menyalip Hamilton. Di penghujung balapan, Hamilton berusaha mengejar Verstappen. Namun sayangnya usaha tersebut sia-sia.

Akhirnya Raikkonen yang berada di posisi pertama berhasil melewati garis finis terlebih dahulu, disusul kemudian oleh Verstappen di urutan kedua. Sementara Hamilton harus puas di posisi ketiga.

Karena hasil ini, Hamilton batal menggelar pesta juara dunia Formula 1 2018. Sebab secara matematis, poinnya masih bisa dikejar SebastianVettel dalam tiga seri tersisa. Saat ini Hamilton memiliki 346 poin, unggul 70 angka dari Vettel.

Berikut hasil lengkap balapan GP Amerika:
1.Kimi Raikkonen (Ferrari) 1hr 34min 18.643s
2. Max Verstappen (Red Bull Racing) +1.281s
3. Lewis Hamilton (Mercedes) +2.342s
4. Sebastian Vettel (Ferrari) +18.222s
5. Valtteri Bottas (Mercedes) +24.744s
6. Nico Hulkenberg (Renault) +1min 27.210s
7. Carlos Sainz Jr (Renault) +1min 34.994s
8. Esteban Ocon (Force India) +1min 39.288s
9. Kevin Magnussen (Haas) +1min 40.657s
10. Sergio Perez (Force India) +1min 41.080s
11. Brendon Hartley (Toro Rosso) +1 lap
12. Marcus Ericsson (Sauber) +1 lap
13. Stoffel Vandoorne (Mclaren) +1 lap
14. Pierre Gasly (Toro Rosso) +1 lap
15. Sergey Sirotkin (Williams) +1 lap
16. Lance Stroll (Williams) +2 lap

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up