JawaPos Radar | Iklan Jitu

Vietnam Bangun Sirkuit F1, Ananda Mikola: Bisa Rugi

15 November 2018, 17:29:51 WIB | Editor: Banu Adikara
F1, Ananda Mikola, Sirkuit Hanoi
Mantan pembalap nasional Ananda Mikola (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tidak dapat dipungkiri, MotoGP lebih menarik animo masyarakat dibandingkan Formula 1 (F1). Hal itu juga yang menjadi alasan Indonesia untuk lebih memilih membangun sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok.

Namun, langkah berbeda dilakukan oleh Vietnam yang justru memfokuskan infrastruktur pembangunan sirkuit F1 di Hanoi. Bahkan negara tersebut dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah pada tahun 2020.

Melihat hal tersebut, mantan pembalap nasional Ananda Mikola menilai langkah yang dilakukan Vietnam berisiko sangat besar. Bahkan dia melihat hype tersebut tidak akan bertahan lama.

"Ini yang menjadi kritikan sendiri. Kalau dilihat dari pendapat orang, salah satunya Alex Yoong (pembalap Malaysia, Red) yang berbicara tidak setuju Vietnam menjadi tuan rumah. Dia tidak ingin Vietnam seperti Korea Selatan dan India yang baru menjalani kompetisi dua kali lalu mereka stop," kata Ananda.

Ananda menilai tidak mudah untuk menjadi penyelenggara kompetisi F1. Terlebih lagi jika negara tersebut tergolong baru menjadi tuan rumah.

"Perkembangan motorsport disana belum kuat mengakar. Tiba-tiba sudah F1. Dia tidak memiliki local hero, sementara investasi besar-besaran. Bisa rugi," jelasnya.

Meskipun dikenal sebagai pembalap mobil, Ananda tidak memungkiri bahwa MotoGP lebih punya potensi mendatangkan keuntungan lantaran animonya yang lebih besar. Karenanya, ia menilai rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok sudah sangat tepat.

"Sekarang yang menguntungkan MotoGP. Kita punya local hero, punya pabrikan. Lihat Malaysia kemarin, begitu sukses ada Hafizh Syahrin. Selama tiga hari kemarin yang datang sampai 200 ribu orang. Faktanya MotoGP lebih sukses, kenapa kita harus berbicara mengenai F1?" sambungnya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up