JawaPos Radar | Iklan Jitu

Formula 1 GP Spanyol

Pembalap Mercedes Finis Pertama dan Kedua, Vettel Gagal Podium

14 Mei 2018, 04:19:03 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
F1 GP Spanyol, GP Spanyol, Formula 1, Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, Sebastian Vettel
Lewis Hamilton berhasil memenangi balapan GP Spanyol, sedangkan Bottas di posisi kedua (AFP)
Share this

JawaPos.com - Mercedes tampil dominan di Formula 1 GP Spanyol, Minggu (13/5) malam WIB. Dua pembalap mereka finis posisi pertama dan kedua. Lewis Hamilton berhasil memenangi balapan ini, sedangkan Valtteri Bottas sebagai runner-up.

Sementara itu, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, gagal naik podium. Dia hanya berada di peringkat keempat. Podium ketifa menjadi milik pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Hamilton tampil meyakinkan di GP Spanyol ini. Tak seperti sebelumnya di GP Azerbaijan, pembalap asal Inggris itu sangat dominan. Dia finis pertama dengan keunggulan 20,593 detik dari Bottas di posisi kedua. Sedangkan dengan Verstappen mencapai 26,873 detik.

F1 GP Spanyol, GP Spanyol, Formula 1, Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, Sebastian Vettel
Hasil F1 GP Spanyol (Twitter@F1)

Balapan ini sempat diwarnai turunnya safety car beberapa kali. Salah satunya akibat insiden pembalab Nico Hulkenber dan Pierre Gasly. Mobil mereka menabrak bagian belakang mobil Romain Grosjean yang melintang di depan. Itu akibat pandangan mereka terganggu asap yang keluar dari mobil Grosjean.

Safety Car kembali turun saat memasuki lap ke-42. Itu karena mobil Esteban Ocon berhenti di lintasan akibat masalah mesin. Diwarnai dengan turunnya Safety Car beberapa kali, mempengaruhi performa sejumlah pembalap. Namun, Hamilton mampu tampil meyakinkan. Bottas menggenapkan dominasi Mercedes di Spanyol.

Dalam balapan di Spanyol, ada 6 pembalap yang gagal finis. Mereka adalah Kimi Raikkonen (Ferrari), Stoffel Vandoorne (Mercedes), Esteban Ocon (Force India), Nico Hulkenberg (Renault), Pierre Gasly (Toro Rosso), dan Romain Grosjean (Haas).

Ditanya soal kemenangannya kali ini, Hamilton menjawab tak lepas dari mobilnya yang luar biasa. "Hari ini saya merasa sinergi yang hebat antara saya dengan mobil. Sebelumnya saya tak merasakannya pada tahun ini. Fans juga luar biasa. Mereka memberikan dukungan maksimal kepada kami," sebut Hamilton.

Bagi dia, ini untuk ketiga kalinya juara di GP Spanyol. Hamilton memenangi GP Spanyol pada 2014, 2017, dan 2018. Sedangkan Vettel, semenjak menang pada 2011 saat bersama Red Bull, selalu gagal mengulanginya hingga saat ini.

Selain itu, Hamilton juga mengukir rekor tersendiri. Dia berhasil meraih 41 kemenangan di F1 saat menempati posisi pole position. Itu merupakan rekor baru dan melewati pencapaian legenda F1 serta Ferrari, Michael Schumacher.

(epr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up