JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sirkuit Vietnam, Gabungan dari Beberapa Lintasan Terkenal

08 November 2018, 18:55:33 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
Formula 1, F1, GP Vietnam, Sirkuit hanoi
Bagi Vietnam, ini kesempatan pertama mereka sebagai negara penyelenggara balapan Formula 1. Nantinya lomba akan dilangsungkan di sirkuit jalanan kota Hanoi. (FormulaSpy)
Share this

JawaPos.com - Kejutan besar datang dari dunia balap Formula 1. Pada 2020 nanti, Vietnam terpilih sebagai salah satu tuan rumah dari lomba jet darat tersebut.

Bagi Vietnam, ini kesempatan pertama mereka sebagai negara penyelenggara balapan Formula 1. Nantinya lomba akan dilangsungkan di sirkuit jalanan kota Hanoi.

Sirkuit yang dirancang langsung oleh Hermann Tilke ini terbilang unik. Pasalnya sirkuit ini menggabungkan beberapa karakteristik dari lintasan-lintasan terkenal di berbagai penjuru dunia.

Berdasarkan info dari Formula1.com, sirkuit ini memiliki panjang 5,5 Km dengan total 22 tikungan. Pada tikungan pertama dan kedua, sirkuit tersebut mengadopsi karakter milik Sirkuit Nurburgring di Jerman.

Seperti diketahui, Sirkuit Nurburgring terkenal dengan belokan tajamnya. Alhasil belokan tersebut menjadi titik rawan yang harus dihadapi dengan hati-hati oleh para pembalap.

Kemudian pada tikungan 12 hingga 15, para pembalap akan dibawa seolah-olah sedang 'bermain' di Sirkuit Monaco. Dengan tikungan yang tidak telalu curam dan berbentuk meliuk seperti ular, mereka semua akan dituntut untuk melewatinya dalam kecepatan yang tinggi

Begitu memasuki tikungan 16-19, mereka akan diajak bernostalgia dengan Sirkuit Suzuka. Para pembalap tersebut harus menjaga kestabilan mobilnya saat melahap tikungan dengan kelokan yang lebar.

Tidak hanya sampai di situ saja. Sirkuit ini merupakan tempat yang memakai jalanan umum sebagai lintasannya. Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para speedfreak karena mereka harus melewati lintasan yang lebarnya lebih kecil dibandingkan biasanya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up