JawaPos Radar

Ini Cara Milenial Traveling Sambil Wujudkan Konservasi Air

31/08/2018, 07:10 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
konservasi air, ades,
Para peserta program Sobat Air yang terpilih yang akan terlibat langsung dalam kegiatan konservasi air yang bernama 'Conservacation'. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Era media sosial membuat warganet dan milenial memilih hobi jalan-jalan atau traveling. Tujuan utamanya tentu agar bisa mengunggah dan membagikan momen terbaik saat traveling melalui media sosial. Salah satu pilihan favorit traveling yang dituju biasanya merupakan lokasi wisata.

Tak hanya indah, salah satu syarat lokasi wisata harus memiliki kelestarian lingkungan hidup yang baik. Salah satunya dalam hal kebersihan air bagi lingkungan hidup.

Melalui program Sobat Air ADES, para milenial dikumpulkan untuk menyalurkan rasa cintanya pada hobi traveling dengan cara yang positif. Sobat Air ADES adalah sebuah program yang dibentuk oleh ADES untuk meningkatkan kepedulian dan melakukan aksi nyata di antara generasi muda terhadap pentingnya sumber daya alam. Khususnya air melalui kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan yang nantinya akan berguna bagi kehidupan masa depan Indonesia.

"Saya memang menyukai traveling dan bekerja di salah satu perusahaan startup. Sehingga menjadi lebih fleksibel untuk saya mengikuti program ini. Sekaligus saya bisa ikut melestarikan konservasi lingkungan mengajak semua anak muda," kata salah satu Sobat Air ADES, Kara Nisa dalam konferensi pers, Kamis (30/8).

ADES sebagai merek air minum dalam kemasan murni yang merupakan bagian dari PT Coca-Cola Indonesia, kembali memperkuat komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Setelah bulan Mei lalu memberikan apresiasi kepada Pejuang Air ADES, Sugeng Handoko dari Yogyakarta dan Romo Marselus Hasan dari Nusa Tenggara Timur, yang telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga kelestarian air, kali ini ADES memperkenalkan Sobat Air ADES, yang mengajak generasi muda terpilih yang akan terlibat langsung dalam kegiatan konservasi air yang bernama 'Conservacation'.

Conservacation (conservation vacation) adalah kegiatan aksi lingkungan yang melibatkan masyarakat untuk bergabung menjadi Sobat Air ADES untuk bersama dengan Pejuang Air ADES, untuk memadukan kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan dan sekaligus menikmati alam Indonesia yang asri. Kegiatan ini akan dilakukan di area konservasi air Pejuang Air ADES yaitu Desa Bea Muring, Nusa Tenggara Timur dan Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta selama maksimal 6 hari.

"Kami konsisten dengan nilai utama kami yaitu memberikan air minum murni sekaligus memegang teguh komitmen pada bisnis yang berkelanjutan dengan inisiatif kami yang berorientasi pada lingkungan. Kali ini di era kolaborasi, kami memberikan wadah untuk mengajak dan mempertemukan generasi muda dari beragam daerah dan latar belakang namun memiliki visi yang sama, yaitu memiliki semangat mencintai alam dan ingin berkontribusi pada konservasi dan pengelolaan air," papar Marketing Manager Hydration, Coca-Cola Indonesia Mohamad Rezki Yunus.

Pemilihan Sobat Air ADES dilakukam melalui akun media sosial ADES di Facebook Ades Indonesia serta Instagram @ades_indonesia. Telah terpilih dan bergabung sebanyak 20 generasi muda yang semangat dan siap melakukan aksi nyata konservasi air bersama Pejuang Air ADES. Pada tanggal 19-22 September nanti, 10 Sobat Air ADES akan menjalani Conservacation di Yogyakarta bersama Pejuang Air ADES Sugeng Handoko. Setelahnya, pada tanggal 25-30 September, 10 Sobat Air ADES akan menjalani Conservacation di Nusa Tenggara Timur bersama Pejuang Air ADES Romo Marselus Hasan.

Lalu apa tugas mereka?

Agenda 1
Membangun sumur resapan sebagai upaya konservasi air dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber air, agar warga di Desa Nglanggeran bisa mendapatkan air secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan irigasi.

Agenda 2
Pengoptimalan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) lewat pengerukan sungai yang mendangkal dan upaya pelestarian sumber daya air melalui penanaman pohon di sekitar daerah aliran sungai, serta perbaikan akses air bersih bagi warga sebagai bagian dari kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan sehingga terwujud pengembangan kehidupan dan perekonomian keluarga melalui program konservasi air berkelanjutan.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up