JawaPos Radar

Saking Banyaknya Kuliner, Indonesia Sampai Belum Punya Identitasnya

30/09/2017, 15:43 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
kuliner indonesia, makanan khas indonesia,
Rendang ala The Margo Hotel (DERY RIDWANSAH/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com – Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki berbagai macam kuliner yang endes. Namun, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, dari sekian banyak kuliner itu, belum ada yang secara resmi menjadi cerminan bangsa Indonesia.

 

Dia menceritakan, negara Asia lainnya sudah begitu dikenal kuliner khasnya. Seperti Malaysia dengan nasi lemak, Thailand punya Tom Yum dan Jepang dengan makanan Sushinya.

 

Lalu bagaimana Indonesia? Ketika orang bertanya apa kuliner khas Indonesia, jawabannya bervariasi. Ada yang menyebut Nasi Goreng, Soto, Ketoprak dan lain-lain.

 

Hal itulah yang membuat masyarakat maupun wisatawan mancanegara bingung. Makanan apa sih yang sebenarnya menjadi kuliner nasional andalan Nusantara.

 

"Bangsa kita lebih mengenal makanan negara lain. Kelebihan kita karena punya banyak jenis kuliner, kelemahan kita karena punya banyak jadi bingung," ujarnya di DPP PDI Perjuangan, Sabtu (30/9).

 

Meski demikian, saat ini Kementerian Pariwisata telah mengusulkan lima jenis makanan ke Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk dipilih salah satu sebagai kuliner khas Indonesia.

 

"Nah lima kuliner yang kita ajukan itu ada rendang, soto, sate, bakso dan gado-gado," pungkasnya.

(cr4/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up