JawaPos Radar

Kampung Warna Warni Masuk Nominasi Anugerah Wisata Jatim 2018

28/08/2018, 14:31 WIB | Editor: Soejatmiko
Kampung Warna Warni Masuk Nominasi Anugerah Wisata Jatim 2018
Wisata Kampung Warna-Warni di kawasan Jodipan, Kota Malang ini menjadi salah satu kampung tematik yang masuk ke dalam nominasi Anugerah Wisata Jatim 2018. (fisca tanjung/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah wisata buatan di Kota Malang masuk dalam nominasi Anugerah Wisata Jawa Timur (Jatim) 2018. Salah satunya kampung warna warni Jodipan, kampung tridi, serta wisata heritage.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, tahun ini Kota Malang masuk menjadi nominasi Anugerah Wisata Jatim 2018. Dia mengatakan, karena Kota Malang tidak mempunyai wisata alam, akhirnya pihaknya mengajukan wisata buatan.

“Maka kami akan mengunggulkan kampung tematik dan juga wisata sejarah,” ujarnya.

Untuk kampung tematik, lanjut Ida, yang diunggulkan yakni Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi yang berada di kawasan Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Kedua kampung itu pun saat ini telah menjadi salah satu ikon kota pendidikan ini. Pasalnya, tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung, melainkan wisatawan mancanegara.

"Kedua kampung tematik tersebut menajdi andalan Kota Malang yang saat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dari dalam maupun luar negeri. Kampungnya juga cukup bersih, wisatawan pun senang berkunjung," paparnya.

Di kedua kampung tersebut juga dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable. Pengunjung pun bisa bebas berwisata. Bahkan, pengunjung juga bisa melewati jembatan kaca satu-satunya di Indonesia, yang menyambungkan kedua kampung tersebut.

Menurutnya, kampung tersebut saat ini sudah cukup baik dilihat dari infrastruktur maupun kesiapan masyarakatnya.

Selain kedua kampung tematik tersebut, pihaknya juga mengajukan wisata heritage, yakni wisata religi yang ada di makam Ki Ageng Gribig. “Dengan adanya wisata makam, kami berharap supaya masyarakat sekitar bisa mempromosikan kawasan wisata tersebut. Sehingga, masyarakat di kawasan itu bisa sejahtera,” terang dia.

Pada ajang tersebut, lanjut Ida, Kota Malang juga mengunggulkan wisata buatan, yakni Malang Night Paradis yang termasuk dalam wahana Hawai Waterpark Malang. “Wisata buatan ini cukup banyak diminati masyarakat. Ketika liburan, ribuan tamu datang dan menikmati berbagai hiburan yang ada disana,” ungkap dia.

Ida menyampaikan, saat ini Anugerah Wisata Jatim 2018 telah memasuki tahap penjurian di tingkat provinsi. Pihaknya pun masih menunggu jadwal kunjungan ke lapangan. “Kami berharap, pada ajang ini, Kota Malang bisa menang,” pungkasnya. (fis)

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up