JawaPos Radar

Penakluk 7 Puncak Dunia Ungkapkan Pentingnya Mendaki Gunakan Sepatu

26/08/2018, 09:00 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Penakluk 7 Puncak Dunia Ungkapkan Pentingnya Mendaki Gunakan Sepatu
Mahasiswi Unpar, Mathilda Dwi Lestari, yang berhasil menaklukan 7 puncak dunia. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Sebagai pencinta alam, dua mahasiswi yang berhasil mendaki 7 puncak dunia, Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari, mengaku bangga ketika mendaki gunung sudah menjadi hobi yang ditekuni banyak orang di tanah air. Dari tua hingga muda, mulai mendaki gunung dan dekat dengan alam.

Tetapi, Hilda menyayangkan masih banyaknya aksi vandalisme dan pengerusakan oleh para pendaki. Padahal, pendaki sejati seharusnya menjaga kelestarian alam. Dengan tidak merusak atau membuang sampah di gunung.

“Saya seneng sebenernya ada orang-orang yang sekarang balik lagi ke alam karena memang manusia belongs to nature kan. Kita sesama pencinta alam kalau mau menikmati alam, ya jangan dirusak. Sampah harus dibawa turun lagi. Terus kalau misalnya corat coret, jangan lah kita juga nggak enak ngeliatnya. Jadi, tolong dijaga lagi alamnya karena itu tempat main kita bersama,” kata Hilda pada JawaPos.com, beberapa waktu lalu.

Penakluk 7 Puncak Dunia Ungkapkan Pentingnya Mendaki Gunakan Sepatu
Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari berhasil mencapai Puncak Denali. (Istimewa for JawaPos.com)

Kemudian, lanjut Hilda, banyak yang mendaki tetapi tidak memerhatikan keselamatan diri. Contohnya, memakai sandal padahal sepatu sangat penting untuk melindungi kaki dari ranting atau batu di gunung.

“Banyak yang belum punya pengetahuan yang cukup untuk mendaki gunung. Terus dari alat-alat, saya lihat kenapa sih, pakai alat yang nyaman itu bikin diri sendiri itu nyaman. Jadi, bisa menikmati perjalanan juga,” ujar Hilda.

Oleh karena itu, sepatu gunung adalah perlengkapan wajib yang dipakai Hilda saat mendaki. Bahkan, dia selalu memakai sepatu yang menutupi ankle agar melindungi kakinya dari keselo dan udara dingin.

Melihat fakta menyedihkan perihal perilaku para pendaki gunung belakangan ini, Hilda mengajak para pendaki pemula atau pendaki rekreasi untuk banyak mempelajari segala hal mengenai mendaki gunung di internet. Sebab, perlu pengetahuan juga bertahan hidup di alam.

"Kalau mau mendaki gunung, ya minta tolong untuk tahu tentang tekniknya itu sendiri atau tips and trick-nya. Kan sekarang banyak bisa dicari di internet. Tetap jaga alam kita, jangan dirusakin," pungkas Hilda

(str/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up