JawaPos Radar

Ya Lebaran, Ya Liburan di Lombok

26/06/2017, 13:10 WIB | Editor: Miftakhul F.S
Ya Lebaran, Ya Liburan di Lombok
INDAH: Para pengunjung pantai Senggigi, Lombok. (DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com- Puas bersilaturahmi dengan sanak saudara, tidak ada salahnya Anda berangkat berlibur bersama keluarga. Pertanyaannya, mau liburan ke mana? Ke pantai atau ke gunung? Pertanyaan itulah yang sering bikin berantem. Sebab, ada yang mau jalan-jalan ke pantai, ada pula anggota keluarga lainnya yang ingin merasakan tantangan mendaki gunung.

Well, jangan pusing. Anda bisa memilih Lombok sebagai destinasi wisata alternatif. Lombok yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki jajaran pantai nan elok yang bisa memanjakan mata sekaligus bikin hati teduh. Lombok memiliki 12 gili. Gili merupakan kepulauan kecil yang berada di sekitar Pulau Lombok. Setidaknya ada sekitar 12 gili di Pulau Lombok. Beberapa gili tersebut bahkan tidak memiliki penghuni sehingga membuat liburan serasa milik sendiri.

Gili yang paling sering dikunjungi para wisatawan adalah Gili Trawangan. Spot foto ayunan yang berada di bibir pantai menjadi daya tarik gili tersebut. Tidak hanya itu. Banyak sekali tempat hiburan yang juga bisa dijumpai di sekitar kepulauan itu. Mulai hotel, restoran, hingga bar.

Untuk menuju ke Gili Trawangan, contohnya, pengunjung hanya perlu mengemudi menuju ke Teluk Nare. Perjalanan yang ditempuh tidak terhitung lama. Dari pusat kota, perjalanan hanya memakan waktu satu setengah jam.

Setiba di Teluk Nare, penduduk lokal siap melayani wisatawan yang datang. Tarif satu kali jalan dengan menggunakan fast boat dibanderol Rp 350 ribu. Dalam satu kali jalan, kapal mini tersebut bisa mengangkut sepuluh hingga dua belas orang.

Itu tadi kalau Anda berniat untuk memilih destinasi wisata pantai. Kalau Anda ingin mendaki gunung, Lombok juga memilikinya. Salah satu yang paling famous adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani yang berada di pusat Pulau Lombok menunggu untuk didaki. Secara geografi, Rinjani berada di tengah tiga kabupaten. Yakni, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Dengan tinggi 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl), para pendaki akan disuguhi pemandangan Lombok dari atas.

Perjalanan menuju ke Gunung Rinjani dari pusat kota tergolong cukup lama. Jadi, jangan lupa mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Bagi Anda yang tergolong pemula, pendakian ke Gunung Rinjani masih aman-aman saja dilakukan. Sesampainya di pusat Kota Mataram, banyak sekali paket wisata yang ditawarkan warga sekitar untuk menemani perjalanan ke puncak Rinjani. (bin/c6/nar)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up