alexametrics

5 Tips Ala Travel Blogger Agar Tak Bokek Saat Jalan-jalan

24 Februari 2019, 16:12:01 WIB

JawaPos.com – Semangat traveling biasanya menggebu-gebu apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Saat hari H tiba, semua diyakini siap secara keseluruhan.

Namun, tak jarang seorang traveler justru kehabisan uang di tengah perjalanan. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Penulis The Naked Traveler dan Travel Blogger Trinity berbagi tips dalam acara A Balance Life- Save Up and Travel the World. Ia mengajak siapa saja yang mempunyai obsesi jalan-jalan agar bisa mengkalkulasi dengan baik. Tips itu diungkapkannya bersama karyawan Bank DBS Indonesia.

5 Tips Ala Travel Blogger Agar Tak Bokek Saat Jalan-jalan
Penulis The Naked Traveler dan Travel Blogger Trinity membagi tips bagaimana menghemat pengeluaran saat jalan-jalan (Istimewa)

“Semuanya harus dihitung. Kalau mau traveling murah, ada beberapa hal yang harus diingat agar tak kebobolan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/2). 

Persiapkan Anggaran

Sebelum liburan, buat hitungan anggaran penting seperti tiket pulang pergi, akomodasi, makan, entrance fee (biaya masuk tempat wisata). Selain itu menurut Trinity, perlu ada budget khusus untuk hiburan. Hal itu juga harus dikalkulasi berapa jumlah rombongan yang akan pergi.

Transportasi Umum

Transportasi umum dikenal sebagai moda transportasi dengan biaya paling terjangkau. Boleh saja untuk memilih moda transportasi umum sebagai alternatif, misalnya seperti angkutan kota atau kereta. Hal itu akan menghemat biaya perjalanan.

Masak Sendiri

Perempuan biasanya lebih keatif dan bijak dalam membawa bekal saat liburan. Laki-laki tak ada salahnya membawa makanan sendiri untuk bekal selama perjalanan sebelum sampai ke destinasi tujuan. Begitu juga dengan membawa air mineral jika ingin menghemat pengeluaran.

Cari Aktivitas Murah

Tempat seperti museum atau pantai biasanya bisa dikunjungi tanpa membayar. Oleh karena itu manfaatkan semaksimal mungkin fasilitas gratis yang ada di setiap negara.

Bijak Membawa Barang

Jika membawa barang terlalu banyak, artinya akan berkaitan dengan bagasi. Bagasi lebih artinya juga mengeluarkan uang lebih. Ada baiknya mulai pintar memilah barang apa saja yang harus dibawa dan ditinggalkan.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor :

5 Tips Ala Travel Blogger Agar Tak Bokek Saat Jalan-jalan