JawaPos Radar

Ingin Habiskan Libur Panjang di Medan, Ketahui Fakta Ini

21/08/2018, 22:05 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ingin Habiskan Libur Panjang di Medan, Ketahui Fakta Ini
Pariwisata Danau Toba menjadi daya tarik Sumatera Utara (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebelum memutuskan untuk bervakansi ke sebuah destinasi wisata, salah satu hal yang perlu dipastikan adalah berapa banyak hari libur yang dimiliki. Bagi seorang karyawan, hal ini tentu menjadi pertimbangan penting. Biasanya, hak cuti yang dimiliki karyawan hanya sejumlah 12 hari kerja.

Nah, apabila Anda berencana untuk menghabiskan libur panjang di Medan, susunlah strategi terlebih dahulu. Dengan demikian, momen liburan bisa lebih memuaskan. Sebelumnya, ketahui beberapa fakta berikut ini:

Cuti tinggal sedikit, manfaatkan hari 'kejepit'

Apa yang akan Anda lakukan jika ternyata jatah cuti tinggal sedikit sementara tawaran untul liburan panjang sangat menggoda. Ya, ada baiknya Anda memanfaatkan waktu yang strategis, seperti hari-hari yang berada di sela waktu libur dan akhir pekan.

Dengan demikian, hanya mengandalkan beberapa hari cuti, ditambah dengan hari libur dan hari minggu, jatah liburan menjadi lebih panjang. Anda akan lebih beruntung jika waktu tersebut dijadikan hari libur bersama.

Jalanan di Medan kemungkinan besar padat

Seperti layaknya kota besar lainnya di Indonesia, jalanan di Medan bisa dipastikan akan padat menjelang libur panjang. Sebagian orang tidak ingin terjebak dalam situasi tersebut karena cenderung melelahkan. Namun, sebagian orang lain justru suka karena suasana liburan terasa lebih seru.

Cara mengatasinya sederhana, carilah jalan-jalan alternatif yang bisa dilalui. Jika tidak ada, persiapkan diri dengan aktivitas tertentu pada saat macet supaya tidak bosan. Jangan sampai kondisi tersebut membuat suasana liburan menjadi tidak enak.

Tempat wisata juga biasanya sangat ramai

Namanya saja liburan panjang. Setiap orang memiliki rencana yang sama yaitu keluar dari rumah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Nah, bayangkan saja jika semuanya melakukan hal yang sama. Tak heran, jalanan bisa sangat ramai dan tempat wisata juga padat.

Sebenarnya, berwisata dalam keadaan seperti ini kurang nyaman. Anda mungkin tidak bisa menikmati fasilitas yang tersedia di objek wisata yang dikunjungi dengan optimal karena terhalang oleh wisatawan lain.

Harus pintar cari penginapan murah

Tentu saja, semua kondisi itu biasanya dilengkapi dengan sulitnya mencari penginapan yang kosong dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memesan penginapan jauh-jauh hari. Bukan tidak mungkin, hotel incaran Anda sudah penuh jika baru dipesan menjelang hari libur.

Memesan kamar hotel sebelum berlibur pun akan membuat Anda lebih tenang. Jadi, jangan sampai Anda telah mempersiapkan tiket dan perlengkapan lain, tetapi kamar hotel ternyata tidak tersedia. Ini bisa menyebabkan rencana liburan terancam gagal.

Traveling pada saat libur panjang, siapkan bujet lebih besar

Bukan hal yang asing lagi jika Anda perlu mempersiapkan bujet yang lebih besar bila ingin traveling pada saat libur panjang. Pasalnya, harga makanan maupun tarif penginapan biasanya akan lebih tinggi atau mahal. Ini jauh berbeda jika Anda memilih untuk berlibur pada saat weekday. Sayangnya, pekerjaan biasanya tidak memungkinkan ini untuk dilakukan.

Itulah beberapa fakta yang perlu diketahui jika ingin berlibur pada saat musim liburan panjang di Medan. Biasanya, waktu tersebut adalah pada pertengahan tahun ketika liburan sekolah, maupun akhir tahun. Jika Anda bisa menerima hal-hal ini, tidak perlu ragu lagi untuk merancang rencana liburan panjang sejak sekarang.

Nah, apabila Anda berasal dari luar kota atau luar pulau, carilah promo tiket pesawat ke Medan di website Airy. Biasanya, ada banyak penawaran menarik yang bisa membuat bujet liburan lebih hemat. Selamat berburu tiket murah promo.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up