JawaPos Radar | Iklan Jitu

Libur Telah Tiba: Menikmati Sajian Lokal Kepulauan Fiji

20 Desember 2017, 06:30:59 WIB
Kuliner Pulau Fiji
NAMANYA KOKODA: Sajian ikan segar yang diperciki lemon serta santan. (FijiAirways.com)
Share this

JawaPos.com - Akhir tahun tinggal sekejap mata. Sudah merencanakan mau berlibur kemana? Jika Anda berpikir untuk berlibur jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota dengan matahari yang selalu bersinar dan orang-orang selalu menyambut, dan yang terpenting makanannya menakjubkan, pilihlah Pulau Fiji.

Selain membawa semua keunggulan, medali bercahaya di langit, pantai berpasir putih dan laguna bak batu pirus - Fiji juga merupakan rumah bagi berbagai hidangan unik dan lezat yang pasti memuaskan taste kuliner Anda.

Dipaparkan chef Robert Oliver, new celebrity chef and culinary ambassador Fiji Airways, campuran yang menggoda dari produk segar, rempah-rempah aromatik dan metode memasak lokal, membuat masakan Fiji tidak boleh dilewatkan. Berikut beberapa makanan yang perlu dicoba saat melancong ke Fiji.

Kokoda

Kuliner Pulau Fiji

Dibaca Ko-kon-da, hidangan khas Fiji ini terdiri atas ikan mahi-mahi mentah yang dicincang halus dan 'dimasak' dengan jus lemon segar.

Sajian ini biasanya disajikan dalam tempurung kelapa atau cangkang kerang besar. Dilengkapi dengan miti (santan dicampur dengan bawang bombay dan cabai) yang berlimpah, kokoda paling enak dinikmati sebagai pembuka karena membersihkan langit-langit mulut untuk menyiapkan selera Anda.

”Orang Fiji menyukai kokoda yang pedas. Namun, Anda bisa memintanya untuk versi yang aman,” kata Oliver.

Lovo

Kuliner Pulau Fiji

Lovo berarti makanan yang dimasak di bumi. Sesuai namanya, metode memasak lovo melibatkan mematangkan masakan dari tungku tanah. Biasanya, aneka daging dan sayuran dibungkus daun pisang dan dimasak di atas tungku alami.

Gaya memasak yang unik ini memberi makanan rasa asap yang mirip dengan kuliner bakar-bakaran. ”Lovo melambangkan perayaan keluarga dan masyarakat karenanya biasanya dimasak saat pernikahan dan acara spesial lain,” ulas Oliver. Sebagian besar resor di Fiji menyelenggarakan makan malam lovo setidaknya seminggu sekali. Jadi pastikan untuk mendaftar saat Anda berada di Fiji.

Nama

Kuliner Pulau Fiji

Ditanam di Pulau Yasawa, nama lebih dikenal sebagai anggur laut. Itu adalah sejenis rumput laut yang digunakan sebagai pelengkap atau dibikin salad segar. Sehat. Makanan ini umumnya disajikan dengan santan dan cabai.

Taro

Kuliner Pulau Fiji

Nama Indonesianya talas. Cara masaknya bisa direbus, kukus, atau dihancurkan bak kentang tumbuk. Tetapi bagi orang Fiji, talas ini dikukus. Makanan ini sangat erat kebedaaannya bagi masyarakat Fiji. Bahkan mereka punya Taro Day. Alias Hari Talas. Hari nasional itu dirayakan setiap bulan purnama pertama pada Mei. Bagi masyarakat Fiji, talas ini tidak hanya umbinya yang dimakan, tetapi juga daunnya.

Duruka

Kuliner Pulau Fiji

Dikenal di Indonesia sebagai tiwuh endog, tebu telur, atau terubus, duruka juga disebut sebagai asparagus Fiji. Masuk dalam keluarga tebu-tebuan, duruka bisa dimakan setelah membuka kulit luarnya. Bahan makanan ini bisa dibikin sup. Tetapi masyarakat Fiji lebih memilih memasak duruka dengan bumbu kare.

Kare duruka, kata Oliver, tidak berbeda dengan kari tradisional dari India. ”Ada cabai, kunyit, dan bubuk masala. Ini menunjukkan pengaruh masakan India pada kuliner Fiji,” sambungnya. (*)

Editor           : Dwi Shintia
Reporter      : (tia/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up