JawaPos Radar

Tiga Tempat Wisata Alam di Bukittinggi yang Penuh Pesona

19/07/2018, 02:40 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Tiga Tempat Wisata Alam di Bukittinggi yang Penuh Pesona
Obyek wisata Jam Gadang di Bukittinggi (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bukittinggi dikenal sebagai salah satu kota terbaik sebagai tujuan wisata saat ini. Namun, banyak di antara wisatawan masih bingung menentukan destinasi terbaik saat ingin mengunjungi wisata alam di kawasan ini. Nah, berikut ini 3 tempat wisata di Bukittinggi yang wajib Anda kunjungi, saat berwisata ke kota terbesar ke-2 di Sumatera Barat ini.

1. Danau Maninjau

Sumatera Barat selain memiliki wisata pantai dan gunung, ternyata juga memiliki danau yang memesona, yang belum banyak diketahui oleh wisatawan nusantara. Danau cantik ini berlokasi sekitar 36 kilometer dari Bukittinggi dan berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau adalah sebuah kaldera letusan besar gunung api Sitinjau, terbukti dari bentuk bukit sekeliling danau yang mirip sebuah dinding.

Danau ini pembentukannya sarat dengan muatan cerita rakyat. Menurut legenda setempat, mengisahkan seorang gadis dan kekasihnya yang melompat ke Kawah Sitinjau untuk membuktikan kesucian cinta mereka berdua, kepada ke-9 kakaknya yang tidak merestui cinta mereka.

Setelah mereka berdua melompat ke kawah, Gunung Sintinjau pun meletus dan terbentuklah Danau Maninjau. Panorama alam Danau Maninjau ini sangat indah dari kejauhan. Anda bisa berenang, bersantai di restoran, dan menginap di penginapan di sekitar danau dengan pemandangan yang bagus.

2. Bukit Takuruang

Bukit Takuruang terdapat dalam jajaran Ngarai Sianok meskipun lokasinya lebih dekat ke Ngarai Sabik. Bukit kecil ini terkurung dan diapit oleh tebing dan sungai, sedangkan di puncaknya tumbuh sebatang pohon. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan bukit ini dengan duduk santai dan menikmati secangkir kopi di Taruko Kafe.

Taruko Kafe adalah sebuah kedai yang terletak di pinggir sungai, dengan bangunan terbuat dari kayu dan menghadap panorama bukit yang indah di tengah hamparan padang rumput. Selain bersantai di kafe ini, wisatawan juga bisa bermain-main di sungai dengan airnya yang jernih.

3. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok ini memiliki kedalaman lembah hingga 100 meter dengan lebar celah sekitar 200 meter. Ngarai Sianok merupakan patahan yang terbentuk dari pergerakan lempeng bumi tektonik di Pulau Sumatera. Proses ini menghasilkan area subur dengan pemandangan yang indah. Oleh karena suasananya tenang dan damai, Ngarai Sianok juga sering disebut sebagai Lembah Pendiam.

Wisatawan bisa menikmati udara sejuk dan angin semilir, dengan suara kicauan burung dan gemericik air sungai. Anda bisa mendapati deretan tebing  Batang Masang dengan sungai kecil di tengah, yang menjadi simbol utama Ngarai Sianok. Langit biru yang cerah dan tebing yang menjulang bisa  membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Nah, itulah 3 tempat wisata alam di Kota Bukittinggi sebagai destinasi liburan, saat Anda berkunjung ke kota ini. Jangan lupa booking hotel murah di Bukittinggi melalui jaringan hotel Airy Rooms.  Hotel dalam jaringan Airy Rooms menyediakan 7 fasilitas lengkap yaitu tempat tidur bersih, kamar ber-AC dengan TV layar lebar, Wifi,  air minum gratis, serta shower air hangat dilengkapi peralatan mandi.

Namun, jangan salah harga hotel dalam jaringan Airy Rooms di seluruh Indonesia ini sangat terjangkau. Selain itu pemesanan juga tidak sulit, dapat melalui website, aplikasi Android, dan iOS. Anda juga bisa membayar memakai kartu kredit  dan transfer. Pastikan agar liburan Anda lebih nyaman, saat mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi, Anda menginap di jaringan hotel Airy.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up