JawaPos Radar

Meriah, Besok Pawai Budaya Hari Jadi Purbalingga Ke-186

16/12/2016, 21:52 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Meriah, Besok Pawai Budaya Hari Jadi Purbalingga Ke-186
Meriah, Besok Pawai Budaya Hari Jadi Purbalingga Ke-186 (Radar Banyumas/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Agenda rutin pawai budaya akan digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke-186, Sabtu besok (17/12). Tahun ini, pawai budaya akan diikuti 52 kelompok, termasuk lima kelompok tamu kabupaten tetangga.

Untuk tahun ini juga akan dilaksanakan prosesi Pahargyan Ageng. Prosesi tersebut akan diadakan di Pendapa Dipokusumo, Minggu (18/12).

Pahargyan Agung juga akan dimeriahkan pagelaran sendratari sesaji dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Usai Pahargyan Agung dilanjutkan kirab pusaka dan Manggala Praja.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga Sridadi mengatakan, pawai budaya merupakan kegiatan yang menampilkan ragam budaya yang berkembang di seluruh kecamatan di Purbalingga.

Dia menjelaskan, pawai budaya akan menempuh jarak sekitar dua kilometer. Dengan rute depan SMAN 1 Purbalingga-Jalan Jenderal Soedirman-alun-alun dan finish di depan BKD.

“Panggung kehormatan akan berada di depan BKD. Peserta diberi kesempatan untuk menampilkan seni budayanya selama tiga menit,” imbuhnya.

Peserta pawai terdiri dari kelompok rontek pembawa spanduk, gunungan dan lambang daerah. Kemudian kelompok tari Teplak yang dibawakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) dan Ikatan Guru Raudhatlul Athfal (IGRA).

Penampilan selanjutnya 10 kelompok kecamatan, utusan Banjarnegara, peserta kecamatan delapan kelompok, utusan kebumen, kelompok BUMD, pengusaha dan paguyuban, utusan Banyumas, kelompok pelajar perwakilan sekolah 7 kelompok, utusan Cilacap, kelompok perwakilan sekolah 7 kelompok, utusan Pemalang, dan band penutup. (tya/sus/yuz/JPG)

 

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up